Kominfo Asahan Gelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik Bagi ASN

Jumat, 28 Oktober 2022 | 09:57 WIB Last Updated 2022-10-28T02:57:05Z
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan menggelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan - mk/JBN


Asahan, Sumatera Utara, JBN Indonesia - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan menggelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Kamis (27/10/2022).


Acara yang berlangsung di aula Melati kantor Bupati Asahan itu dibuka oleh Bupati diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis.


Dalam kesempatan itu Muhilli Lubis menyampaikan bahwa penyebarluasan informasi dan kehumasan merupakan salah satu faktor penting bagi Pemerintahan. Peran Hubungan Masyarakat (Humas) sangat penting dalam menentukan penguatan informasi di setiap instansi. 


Bidang tersebut, kata Muhilli, dianggap sebagai komunikator publik sehingga para tenaga pranata Humas di setiap instansi harus bisa menyampaikan informasi secara baik dan harus mampu menceritakan kebijakan serta hasil pembangunan kepada masyarakat.


Menurutnya, setiap Instansi harus memiliki ASN yang menguasai bidang Kehumasan. Seorang Humas di instansi tersebut wajib menguasai dua hal utama. Pertama, skil di bidang jurnalistik yakni kemampuan menulis berita untuk mempublikasikan program yang ada melalui media atau website yang dimiliki instansi tersebut. Serta kedua skil di bidang diplomasi yakni kemampuan public speaking dalam menyampaikan ragam informasi berbentuk press release kepada insan media pada saat jumpa pers. 


"Oleh karena itu saya berharap para nara sumber dapat menuangkan ilmu tentang kehumasan dan jurnalistik sebanyak - banyaknya kepada para peserta. Supaya mereka terampil dan mampu dalam melaksanakan tugas - tugasnya dengan baik", ujar Asisten Perekonomian dan Pembanguan Asahan itu.


Sebelumnya Plt. Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Arbin Ariadi Tanjung SE dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan ketentuan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.


"Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan kegiatan kehumasan dan penyampaian informasi kegiatan Pemkab Asahan di bidangnya masing - masing agar siap dan layak untuk dipublikasikan", kata Arbin Tanjung.


Plt Sekretaris Dinas Kominfo Itu juga melaporkan peserta dari kegiatan tersebut adalah ASN dari setiap OPD yang menangani kehumasan sebanyak 60 orang terdiri dari 25 orang perwakilan Kecamatan dan 35 orang perwakilan dari Dinas/Badan se Kabupaten Asahan.


Sedangkan narasumber dalam kegiatan itu antara lain Dra. Mazdalifah MSi, PhD dari Universitas Sumatera Utara dengan materi Eksistensi Humas dalam organisasi Pemerintah, Drs. Muhammad Syahrir dari Dewan Kehormatan PWI Sumatera Utara dengan materi menjaga integritas dan profesionalisme wartawan, Indra Sikumbang Ketua PWI Kabupaten Asahan dengan materi tulisan menarik dan inovatif dan yang terakhir Syamsuddin SH, MM Kadis Kominfo Kabupaten Asahan dengan materi Peran Fungsi Strategi Humas Pemerintah di Kabupaten Asahan.(mk)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kominfo Asahan Gelar Diklat Kehumasan dan Jurnalistik Bagi ASN

Trending Now