Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran, BPS Situbondo Bakal Laksanakan Resosek

Heru Hartanto
Rabu, 07 September 2022 | 18:33 WIB Last Updated 2022-09-07T11:33:24Z

 

Kepala BPS Situbondo ketika menjelaskan tentang Resosek (Asad Zuhadi Anwar/JBN Indonesia)

SITUBONDO JAWA TIMUR, JBN Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo bakal menggelar registrasi sosial ekonomi (Resosek). Hal itu dilakukan untuk memastikan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pemerintah tepat sasaran, Rabu (8/9/2022).

 

Keterangan yang disampaikan Bagas Susilo, Kepala BPS Situbondo mengatakan, Resosek bakal dilakukan oleh petugas yang mendata klasifikasi ekonomi seluruh keluarga yang ada di Wilayah Kabupaten Situbondo.

 

"Tujuan Resosek ini untuk mendapat data yang valid sebagai intervensi bantuan sosial. Sebab, selama ini banyak penerima bansos yang tidak tepat sasaran," tegas Bagas kepada sejumlah wartawan.

 

Menurut Bagas, fungsi dari Resosek bukan hanya memastikan penyaluran bantuan sosial pemerintah agar tepat sasaran. Namun juga untuk menghitung besaran pajak. "Saat ini, kita sedang melakukan proses rekrutmen petugas Resosek sebanyak 1.233 orang,” tuturnya.

 

Petugas Resosek, sambung Bagas, melibatkan unsur perangkat desa dan pegawai kecamatan. “Nantinya para petugas Resosek ini akan melakukan pendataan kepada 250 ribu keluarga yang ada di Kabupaten Situbondo. Fokusnya pendataan untuk kesejahteraan seluruh keluarga di Situbondo. Sehingga, Nanti ada kelas-kelasnya, mulai dari kelas atas, menengah atas, menengah bawah, dan seterusnya," tuturnya.

 

Dengan demikian, kata Bagas, pihaknya optimis penyaluran bantuan sosial dari pemerintah bisa tepat sasaran. "Dengan Resosek, insya Allah bansos pemerintah akan tepat sasaran. Kalaupun salah ya tidak lebih dari dua persen atau bisa saja satu persen,"pungkasnya. (As’ad/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran, BPS Situbondo Bakal Laksanakan Resosek

Trending Now