Hebatnya Mahasiswa KKN Tematik UNG Tahun 2022, Sulap Pantai Taulaa Jadi Wisata Keren

Jumat, 04 November 2022 | 11:47 WIB Last Updated 2022-11-04T04:47:05Z
Pesona Wisata Pantai Taulaa (dok : Mahasiswa KKN-T UNG Desa Taulaa/JBN Indonesia)



Gorontalo, JBN Indonsia - Saat ini Desa wisata merupakan salah alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.


Wisatawan sudah mulai kembali berkunjung ke berbagai wisata di Indonesia, dan Gorontalo merupakan salah satu destinasi yang bisa menjadi alternatif tujuan wisata. 


Didukung dengan menurunnya Pandemi Covid 19,  hal ini membuka peluang bagi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tahun 2022 untuk mengangkat tema "Pengembangan Wisata Pantai yang diimplementasikan di Desa Taulaa, Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo.


Dilihat dari potensi wisata, destinasi pantai Taulaa memiliki potensi apabila dikelola dengan baik. Berdasarkan informasi dari Kepala Desa Taulaa, Ikson Puata Dehi, dan masyarakat setempat bahwa wisata pantai Taulaa pernah dibuka dan ramai dikunjungi para wisatawan. 


Namun, beberapa tahun kebelakang ini wisata pantai Taulaa sudah tidak lagi dibuka, karena minimnya pengunjung yang disebabkan oleh fasilitasnya yang kurang memadai untuk dijadikan sebagai wisata yang layak untuk dikunjungi.


Salah satu potensi wisata pantai Taulaa yang dapat dikembangkan adalah ekosistem laut yang masih sangat terjaga, sehingga bagus untuk menjadi tempat memancing hingga snorkeling. 


Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang datang bermalam sambil membawa peralatan pancing dan hasil pancingan yang mereka dapatkan langsung dibakar di tempat itu, dan dimakan saat masih hangat sambil menikmati indahnya hamparan pasir dan panorama bukit yang mengapit lautan yang luas.


Berdasarkan perencanaan program pengembangan wisata yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-T UNG tahun 2022 meliputi program fisik dan non fisik.


Program gisik diwujudkan dengan pembangunan 2 (dua) buah pondok wisata berupa Gajebo yang berukuran 3 m x 2 m, pembuatan 3 (tiga) spot photo, pembuatan ayunan, penataan taman bunga putih, pembuatan papan informasi pintu utama, dan pembuatan tempat sampah. 


Sedangkan untuk program non fisik diwujudkan dengan sosialisasi kepada masyarakat, pembuatan sosial media wisata, dan pembuatan peta resiko bencana pantai dan laut yang dibantu oleh Dosen Pembimbing Lapangan Yayu Isyana D. Pongoliu, Dewi Indrayani Hamin, dan Ramlan Amir Isa.


Dengan diwujudkannya program fisik dan non fisik wisata tersebut, akhirnya saat ini wisatawan mulai ramai berkunjung dan menikmati indahnya wisata pantai Taulaa.


Gambar utama di atas merupakan salah satu bagian dari keindahan wisata pantai Taulaa saat dikunjungi di sore hari yang dapat menikmati indahnya sunset (matahari terbenam).

(Penulis Mahasiswa KKN-Tematik UNG Tahun 2022 Desa Taulaa)



Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hebatnya Mahasiswa KKN Tematik UNG Tahun 2022, Sulap Pantai Taulaa Jadi Wisata Keren

Trending Now