Telah dibuka Sekolah Lansia Amanah Bunda II di Pagelaran Pringsewu

Kamis, 29 Desember 2022 | 21:42 WIB Last Updated 2022-12-29T14:42:38Z
Telah dibuka Sekolah Lansia Amanah Bunda II di Pagelaran Pringsewu. (Ist).



PRINGSEWU, JBN INDONESIA  - Di penghujung tahun 2022, Madison Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten  meresmikan Sekolah Lansia Amanah Bunda II dengan jumlah murid Lansia sebanyak 147 Lansia di Pekon Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Kamis (29/12/2022).


Sekolah Lansia LKS Amanah Bunda II Pringsewu merupakan lembaga pendidikan non formal yang ditujukan bagi para lansia, merupakan embrio pengembangan dan perluasan jangkauan layanan kepada para Lansia di wilayah Kabupaten Provinsi Lampung.


Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Marison didampingi oleh Camat Pagelaran ldan Kepala Pekon Pagelaran. Nampak hadir memberikan semangat Ibu Maifi anggota DPRD Pringsewu, Ketua PKK Pagelaran, Kepala Puskesmas Pagelaran, Bhabinkamtibmas Polsek Pagelaran dan Babinsa TNI. 


"Sekolah lansia  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lansia tentang konsep smart dalam lingkup 7 dimensi lansia tangguh (spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial, professional vokasional dan lingkungan) dan meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses menua sehat dan sakit, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang kesehatan fisik dan mental,” terang Hj Kartinah Ketua LKS Amanah Bunda Pringsewu pada saat menyampaikan sambutan. 


Sementara, Maifi anggota DPRD Pringsewu sangat mendukung adanya Sekolah Lansia yang merupakan salah satu upaya pendidikan diperuntukkan bagi lanjut usia. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia. Pendidikan informal bagi lansia adalah sebuah sistem konsep-konsep pendidikan yang menerangkan kegiatan belajar-mengajar yang berlangsung dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi lansia. Hal tersebut juga sesuai dengan UU RI No 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia bahwa sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia diberikan hak untuk meningkatkan  kesejahteraan sosial, diantaranya adalah pelayanan pendidikan dan pelatihan.  ", jelasnya. (Rawi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Telah dibuka Sekolah Lansia Amanah Bunda II di Pagelaran Pringsewu

Trending Now