OSIS SMAN 1 Kabila Launching Gerakan Gemar Bersedekah

Jumat, 12 Mei 2023 | 11:46 WIB Last Updated 2023-05-12T15:03:36Z

 

Spanduk kegiatan launching Gerakan Gemar Bersedekah SMA Negeri 1 Kabila (foto:istimewa)


GORONTALO, JBNIndonesia - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Kabila menggelar Launching Gerakan Gemar Bersedekah yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Kabila, Jum'at (12/5/2023).


Kepala SMA Negeri 1 Kabila, Yusman Yusuf Eki, kepada JBN mengungkapkan bahwa Gerakan Gemar Bersedekah One Day One Thousand atau Sehari Seribu Rupiah ini merupakan salah satu program yang digagas oleh pihak sekolah dan dipelolori oleh OSIS dan didukung oleh Alumni SMANKAB dengan tujuan menumbuhkan semangat bersedekah dari para siswa dan guru.


"Di lembaga sekolah, kegemaran bersedekah sesuai dengan kurikulum pendidikan karakter dimana kegemaran ini akan menanamkan nilai-nilai spiritual dalam diri siswa. Oleh sebab itu kegemaran bersedekah harus ditumbuhkembangkan pada diri siswa,"ungkapnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kabila Yusman Yusuf Eki menjadi orang pertama memasukkan sedekah ke dalam kotak amal Gerakan Gemar Bersedekah "One Day One Thousand (foto:Noka/JBN)


Selain itu, lanjut Yusman, sedekah juga bernilai sosial, tolong menolong dan rela berkorban. Sehingga kebiasaan bersedakah seyogyanya sudah ditanamkan sejak dini.


"Kebiasaan ini akan menumbuhkan kegemaran untuk beramal saleh dan berbuat kebaikan termasuk gemar bersedekah,"sambungnya.


Meski demikian, Yusman menegaskan bahwa kegemaran bersedekah harus dilandasi dengan keikhlasan.


"Artinya gerakan gemar bersedekah harus dilandasi dengan keikhlasan dan bukan dengan paksaan atau desakan.Dengan demikian pelaksanaan pengumpulan sedekah di sekolah haruslah tanpa paksaan,"ujarnya.


Dikatakan pula bahwa sebelum dilaksanakan program gerakan gemar bersedekah ini pihak sekolah dan guru telah memberikan pemahaman kepada siswa tentang gerakan gemar bersedekah.

Nampak para siswa yang ikut bersedekah (foto:Noka/JBN)


"Tujuannya adalah supaya tumbuh pemahaman dan kesadaran dalam diri siswa untuk beramal saleh termasuk berinfak dengan ikhlas,"jelasnya.


Untuk diketahui bahwa hasil dari sedekah peserta didik ini setiap bulannya akan digunakan untuk biaya pembangunan Masjid A.A Wahab yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Kabila. (Noka/JBN)


Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • OSIS SMAN 1 Kabila Launching Gerakan Gemar Bersedekah

Trending Now