Di Atas Kapal Ferry Hamim Pou Ajak Para Jurnalis Bersinergi Mengedukasi Publik

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:52 WIB Last Updated 2022-07-19T12:52:45Z

Para Wartawan Foto Bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou (berdiri paling belakang) Usai Menerima Materi Pada Kegiatan Workshop Jurnalistik (foto : Noka/JBNIndonesia.com)

 


Gorontalo, JBNIndonesia.com - Dalam perjalanan kunjungan studi komparatif Pemda Bone Bolango ke Pemda Banggai yang akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Juli 2022, Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango menggelar Kegiatan Workshop Jurnalistik yang diikuti oleh lebih dari 20 wartawan dari berbagai media bertempat di atas kapal Ferry tujuan Gorontalo - Pagimana, Senin (18/07/2022) malam.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango Misnawaty Wantogia atau yang akrab di panggil Ibu Desy Wantogia ini mengatakan bahwa kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Kominfo ini dalam rangka optimalisasi program Informasi Komunikasi Pubik di Kabupaten Bone Bolango. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta pengetahuan para jurnalis tentang program pemeritah Kabupaten Bone Bolango.


Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat memberikan materi pada Workshop Jurnalistik tersebut mengajak para wartawan agar dalam pemberitaan media senantiasa mengedukasi publik dengan pemberitaan yang baik dan benar.


"Profesi wartawan ini adalah profesi mulia. Sehingga seharusnya dalam setiap pemberitaan tidak boleh mengandung fitnah dan hoax. Berita itu sifatnya harus edukatif dan tidak boleh menzholimi orang,"ucap Hamim.


Dalam kesempatan Workshop itu juga Hamim Pou mengungkapkan bahwa seorang wartawan memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada publik.


"Ada informasi - informasi tertentu yang seharusnya diketahui oleh publik tetapi karena mereka tidak memiliki akses ke sumber informasi maka hal itu mereka lekatkan kepada wartawan. Mereka berharap bisa mendapatkan informasi itu melalui pemberitaan di media,"terang Hamim.


Lebih lanjut Hamim juga menyampaikan kepada para wartawan agar dalam pemberitaan harus ada keberimbangan dan senantiasa memberikan informasi yang edukatif dan positif kepada publik.


"Wartawan boleh kritis tapi jangan prejudice. Jangan membuat berita yang sifatnya fitnah dan hoax. Tapi buatlah berita yang benar dan jauh dari prasangka apalagi sampai menzhalimi orang,"ujarnya.


Di akhir kegiatan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bone Bolango Desy Wantogia dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa pihaknya di tahun 2023 telah berencana untuk menggelar kegiatan bimtek peningkatkan kapasitas para jurnalis atau wartawan.


"Kami berencana tahun depan akan melaksanakan bimtek untuk peningkatan kapasitas jurnalis,"ucap Desy.


Pihaknya juga berencana akan melaksanakan studi banding terkait dengan keterbukaan informasi publik dengan melibatkan para jurnalis.


Desy juga menyatakan bahwa jurnalis atau wartawan ini adalah mitra pemerintah dalam memberikan informasi kepada publik sehingga pihaknya berharap dengan peningkatan kapasitas ini para wartawan bisa bersinergi memberikan informasi kepada publik terkait dengan berbagai program Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.


"Masih banyak hal - hal yang terkait dengan program Pemda Bone Bolango  yang belum terpublikasikan melalui pemberitaan media. Sehingga kami berharap para wartawan dapat memberikan informasi ini kepada publik melalui pemberitaan media. Harapannya publik bisa mendapatkan informasi terkait dengan program pembangunan di Kabupaten Bone Bolango dengan cepat dan benar,"pungkasnya. (Noka).

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Di Atas Kapal Ferry Hamim Pou Ajak Para Jurnalis Bersinergi Mengedukasi Publik

Trending Now