SIPDes Bonebol, Upaya Tingkatkan Pengawasan Masyarakat dalam Pilkades

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:28 WIB Last Updated 2022-10-31T11:30:25Z
Launching Aplikasi SIPDes oleh Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma (foto:Noka/JBN Indonesia)



Bone Bolango, JBN Indonesia - Sebagai salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dalam meningkatkan peran pengawasan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bone Bolango yang bakal digelar pada awal tahun 2023 yang akan datang, Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone Bolango telah menyiapkan sebuah aplikasi yang disebut SIPDes Bonebol (System Informasi Pilkades Serentak Kabupaten Bone Bolango).


Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone Bolango Suleman Panigoro, pada saat Launching System Informasi Pilkades Serentak Kabupaten Bone Bolango (SIPDes Bonebol) yang digelar di Hotel Toewawa Kabupaten Bone Bolango, Senin (31/10/2022).


"SIPDes Bonebol merupakan aplikasi system yang dibuat untuk meningkatkan kinerja penataan administrasi pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Bone Bolango,"kata Suleman Panigoro dalam sambutannya.


Lebih lanjut, Supa (panggilan akrabnya) mengungkapkan bahwa yang melatarbelakangi pembuatan SIPDes Bonebol dikarenakan rendahnya kualitas pelaporan pelaksanaan pilkades serentak sesuai dengan tahapannya, belum optimalnya penataan administrasi pelaksanaan pilkades serentak, serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkades serentak.

Panitia Pilkades mengikuti Launching Aplikasi SIPDes (foto:Noka/JBN Indonesia)


"Untuk mengantisipasi permasalahan ini, dibuatlah salah satu aplikasi SIPDes Bonebol dengan tujuan memudahkan panitia Pilkades tingkat Desa dan Kecamatan dalam mengakses semua regulasi terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak,"paparnya.


Selain itu, kata Dia bahwa aplikasi SIPDes Bonebol ini akan memudahkan panitia Pilkades tingkat Desa dan Kecamatan dalam menyusun Laporan Pelaksanaan Pilakdes serentak serta memudahkan masyarakat mengakses informasi pelaksanaan Pilkades secara transparan, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades serentak.


"Aplikasi SIPDes Bonebol ini sangat bermanfaat bagi para pelaksana pilkades ditingkat desa dan kecamatan, untuk mengakses informasi pelaksanaan pilkades secara transparan, jujur, bebas dan rahasia,"tandasnya.


Kegiatan Launching System Informasi Pilkades Serentak Kabupaten Bone Bolango (SIPDes Bonebol) ini diikuti oleh seluruh Panitia Pilkades bagi Desa yang akan melaksanakan Pilkades.


Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma beserta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango.


Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui Aplikasi SIPDes ini, masyarakat dapat mengetahui apa saja yang menjadi acuan atau regulasi tentang aturan pelaksanaan pilkades serentak, mulai dari peraturan Menteri, sampai Kepala Daerah.


"Dengan Aplikasi SIPDes ini, diharapkan masyarakat dapat mengawal dan melaporkan semua indikasi pelanggaran sehingga Pilkades serentak ini akan melahirkan pemimpin Desa yang amanah,"ucap Ishak Ntoma.


Ishak juga menegaskan agar SIPDes Bonebol bisa meredam segala permasalahan maupun sengketa yang menyangkut Pilkades, sesuai ketentuan yang berlaku.


"Semua tahapan Pilkades harus dilaporkan pada SIPDes Bonebol agar panitia Kabupaten dapat mengantisipasi semua kemungkinan yang tidak kita inginkan bersama,"pungkasnya.


Berikut daftar nama Desa yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun 2023 nanti yakni : 

1. Desa Monano Kecamatan Bone;

2. Desa Kaidundu Barat Kecamatan Bulawa; 

3. Desa Mamungaa Kecamatan Bulawa; 

4. Desa Tunas Jaya Kecamatan Bonepantai; 

5. Desa Kemiri Kecamatan Bonepantai; 

6. Desa Ombulo Hijau Kecamatan Bonepantai; 

7. Desa Batu Hijau Kecamatan Bonepantai; 

8. Desa Talango Kecamatan Kabila;

9. Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila;

10. Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa;

11. Desa Alale Kecamatan Suwawa Tengah;

12. Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur;

13. Desa Pancuran Kecamatan Suwawa Selatan;

14. Desa Pinogu Permai Kecamatan Pinogu;


(Noka/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SIPDes Bonebol, Upaya Tingkatkan Pengawasan Masyarakat dalam Pilkades

Trending Now