Aston Gorontalo Hotel & Villas Kerja Sama Promosi Wisata Dengan Pemda Bone Bolango

Jumat, 11 November 2022 | 10:35 WIB Last Updated 2022-11-11T03:36:14Z
Pihak manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas foto bersama Bupati Bone Bolango didampingi Sekda, Kadis dan Sekdis Parpora Kabupaten Bone Bolango (foto:AKP/Diskominfo)




Gorontalo, JBN Indonesia - Pihak manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas menandatangani kerjasama promosi wisata dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.


Naskah kerjasama atau MOU (Memorandum Of Understanding) tersebut ditanda tangani oleh Pimpinan Aston Gorontalo Hotel & Villas, Alain John-John Siwy, dan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, di sela-sela kegiatan Bimbingan Tehnik Pengelolaan Keuangan Daerah yang berlangsung di Ballroom Aston Gorontalo Hotel & Villas, Kamis (10/11/2022) malam.


Diketahui sebelumnya manajemen Grand Q Hotel Gorontalo juga telah melakukan penandatanganan kerjasama promosi wisata dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (10/11/2022) pagi.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bone Bolango Muhamad Yamin Abbas melalui Sekretaris Dinas, Abdul Halim Katili, mengatakan bahwa maksud kerjasama ini adalah penyebaran informasi dan promosi tentang potensi pariwisata Kabupaten Bone Bolango melalui Teknologi Informasi dalam bentuk brosur promosi yang berisi foto, dan QR Code yang terhubung pada halaman website Sistem Informasi Promosi dan Harmoni Pariwisata yang Maju dan Unggul ( SIP-HPMU ) dari  pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango.


"Tujuan kami adalah bagaimana terlaksananya promosi potensi Pariwisata di Kabupaten Bone Bolango pada setiap pengguna kamar hotel di Provinsi Gorontalo dengan berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola pemerintahan,"papar Halim.


Sementara itu Pimpinan Aston Gorontalo Hotel & Villas, Alain John-John Siwy, mengakui bahwa pihaknya sudah sejak lama mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Salah satunya adalah wisata Hiu Paus di Botubarani.


"Sebenarnya sudah cukup lama kami mempromosikan Wisata Hiu Paus di Botubarani. Misalnya seperti didalam lift itu ada promosi tentang hiu paus,. Sehingga banyak tamu yang bertanya ini (hiu paus) dimana,"kata Dia.


Diungkapkannya juga bahwa banyak dari para wisatawan yang menambah jadwal satu hari menginap di Aston karena masih ingin mengunjungi wisata Hiu Paus di Botubarani.


"Bahkan banyak para tamu kami yang menambah jadwal menginap karena masih ingin mengunjungi wisata Hiu Paus. Itu turis yang mau ke Togean,"ungkapnya.


Cukup dekatnya jarak tempuh ke wisata Hiu Paus dari Hotel Aston dan jadwal keberangkatan kapal ferry ke Togean yang berangkat sore hari dari Gorontalo,  memungkinkan para wisatawan itu masih memiliki waktu di pagi hari untuk mengunjungi wisata Hiu Paus.


"Biasanya mereka (wisatawan) langsung ke Togean. Cuma karena dekat sekali, sehingga mereka masih menyempatkan waktu di pagi hari untuk ke Hiu Paus. Karena kalau tidak salah kapal ferry itu berangkatnya ke Togean sore hari,"sambungnya.


Alain John-John Siwy juga menyebut rencananya untuk membuatkan roadmap (peta perjalanan) wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gorontalo dimana dalam roadmap itu pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan menjadikan Gorontalo termasuk Bone Bolango bukan hanya sebagai pintu masuk tetapi juga pintu keluar.


"Pernah ada yang seharusnya Dia (wisatawan) pergi ke Sulawesi Tengah, itu balik lagi ke Gorontalo dan pulang lewat Gorontalo. Jadi dia masuk lewat Gorontalo pulangnya pun lewat Gorontalo.  Nah ini yang ingin kami diskusikan dengan Dinas Pariwisata Bone Bolango untuk membuat roadmap bagaimana perjalanan wisata itu tidak hanya pintu masuk tetapi juga pintu keluar,"paparnya.


Menurutnya, hal ini dapat terwujud karena ada di Kabupaten Bone Bolango banyak potensi destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.


"Ini perlu banyak destinasi wisata. Di Bone Bolango banyak potensi wisata terbaru. Misalnya ada wisata air terjun di Ilohuuwa. Saya sudah pernah kesana,"ujarnya.


Sebagai komitmen kerjasama promosi wisata antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dengan pihak manajemen Aston Gorontalo Hotel & Villas ini, Alain John-John Siwy mengatakan bahwa salah satu bentuk kerjasama itu adalah mereka akan menampilkan seluruh destinasi wisata Bone Bolango melalui TV Commercial Ads yang ada di ruang publik Aston Gorontalo Hotel & Villas dimana dalam TV Commercial Ads tersebut berisi QR Code dan informasi Potensi Destinasi Wisata Bone Bolango.


"Jadi promosi tentang wisata di Bone Bolango akan kami masukin ke TV kami. Namanya TV Commercial Ads. Nanti para tamu semua bisa nonton. Kami akan explore seluruh tempat wisata di Bone Bolango sehingga seluruh tamu akan bisa melihatnya lewat TV kami tersebut,"pungkasnya. (Noka/JBN)


Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aston Gorontalo Hotel & Villas Kerja Sama Promosi Wisata Dengan Pemda Bone Bolango

Trending Now