Kementerian Sosial RI Salurkan Bantuan ATENSI bagi 144 Orang Penyandang Disabilitas di LKS Amanah Bunda Pringsewu

Selasa, 17 Januari 2023 | 14:14 WIB Last Updated 2023-01-17T07:14:47Z
 Kementerian Sosial RI saat  menyalurkan Bantuan ATENSI bagi 144 Orang Penyandang Disabilitas di LKS Amanah Bunda Pringsewu. (Ist)



Pringsewu, Jbn Indonesia - Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) merupakan layanan rehabilitas sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas,  atau residensial melalui dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, dukungan keluarga, bantuan sosial, dukungan aksesibilitas, dan lain sebagainya.  Rehabilitasi sosial yang dimaksud adalah untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan penyandang disabilitas yang mengalami disfungsi sosial supaya dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar. 

ATENSI merupakan salah satu program strategis dalam upaya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Cakupan dari program tersebut meliputi perlindungan sosial, pemberdayaan sosial, jaminan sosial, dan rehabilitasi sosial

Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas menyalurkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) tahun 2022 kepada 144 orang Penerima Manfaat (PM) yang menjadi dampingan Lembaga Kesejahrteraan Sosial (LKS) Amanah Bunda Pringsewu Provinsi Lampung. Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung kepada 130 Penerima Manfaat yang hadir langsung didampingi oleh Orang Tua maupun Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) asal PM tinggal  oleh Hj Kartinah selaku Ketua LKS di Aula Pertemuan ( Jumat, 13/1/2023).

Adapun sejumlah 14 Penerima Manfaat , dikarenakan keterbatasan tidak bisa hadir langsung, namun bantuan ATENSI nya tetap kami sampaikan dan hantarkan kerumah Penerima Manfaat oleh Pendamping Penyandang Disabilitas LKS Amanah Bunda Pringsewu.


Penerima Manfaat (PM) bantuan ATENSI merupakan penyandang disabilitas dari berbagai ragam disabilitas, baik fisik, sensorik, mental, intelektual, dan ganda. Sebelumnya, asesmen kebutuhan telah dilakukan oleh Pendamping Penyadang Disabilitas  kepada 144 orang calon Penerima Manfaat (PM) untuk menetapkan rekomendasi yang tepat dalam penentuan bantuan ATENSI sehingga krisis yang dialami masing-masing Penerima Manfaat (PM) dapat diatasi dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

 Dalam sambutannya dan arahannya, Kartinah menyampaikan bahwa bantuan ATENSI yang disalurkan Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI melalui LKS Amanah Bunda Pringsewu merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah, dalam hal ini kepada penyandang disabilitas.  “Bantuan ATENSI yang diberikan semoga sesuai dengan kebutuhan dan dapat bermanfaat bagi anak-anak. Kami berharap, bantuan ATENSI yang kami berikan saat ini dapat dioptimalkan untuk mendukung upaya pengasuhan dan perawatan anak-anak sehingga tumbuh kembang mereka dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya, kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terpadu sebagai supporting system bagi keluarga”, ujar Kartinah.  

 

Bantuan ATENSI yang diberikan sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari dan tambahan imunitas tubuh anak-anak Penyandang Disabilitas berupa Beras, Gula Merah, Gula Putih, Kacang Hijau, Kecap, Sarden, Minyak Goreng, Susu, Madu, Telur, Handuk, Sabun Mandi, Sikat Gigi , Pasta Gigi, Sarung serta Minyak Kayu Putih. 

 

 

Paidun,orangtua dari Mustofa Penyadang Disabilitas Intelektual asal Desa Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu yang kedatangannya di damping dan difasilitasi kendaraan oleh Barkah dan Heri dari Puskesos Madani Margodadi mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada anaknya yang merupakan anak penyandang disabilitas intelektual. 

 “Terima kasih atas bantuan untuk anak kami. Kami bersyukur karena dipertemukan dengan orang-orang yang baik. Mencintai anak kami tanpa syarat dan mengajarkan kami bagaimana mendidik dan merawat anak dengan penuh cinta. Semoga Tuhan memberikan kesehatan untuk Bapak dan Ibu semua”, tutur Paidun haru. (Rawi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kementerian Sosial RI Salurkan Bantuan ATENSI bagi 144 Orang Penyandang Disabilitas di LKS Amanah Bunda Pringsewu

Trending Now