Anggota Koramil 0823/06 Kendit Lakukan Bina Anggota Saka Wira Kartika

Heru Hartanto
Sabtu, 18 Februari 2023 | 18:46 WIB Last Updated 2023-02-18T11:46:42Z

 

Anggota Saka Wira Kartika saat mendapat pembinaan (Heru/JBN Indonesia)

SITUBONDO JAWA TIMUR, JBN Indonesia - Sebanyak 15 anggota Pramuka menempuh Krida Saka Wira Kartika yang dibimbing oleh Anggota Koramil 0823/06 Kendit. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menggembleng mental anggota Pramuka agar tangguh dalam menghadap berbagai rintangan yang menghalang didepannya, Sabtu (18/2/2023).

 

Seorang anggota Pramuka harus mempunyai peran dalam masyarakat. Selain Pramuka juga harus handal dan siap menerima tongkat estafet kepemimpinan. Untuk itu, Pramuka juga harus memiliki krida navigasi darat, krida pioneer, krida survival, krida mountainering dan krida bencana alam,” jelas Serma Sudarmana anggota Koramil 0823/06 Kendit.

 

Pelaksanaan menempuh krida Saka Wira Kartika, kata Serma Sudarmana, dihadapan anggota Pramuka ditempuh selama 2 hari satu malam. “Kalian harus mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh semangat, sampai dinyatakan selesai dengan ditandai dengan penyematan Baret Abisatya,”kata Serma Sudarmana.

 

Menurut Serma Sudarmana, ada 5 Krida yang wajib diperhatikan anggota Saka Wira Kartika yakni, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Bencana alam. “Kalian harus mampu menguasai 5 krida tersebut,” tuturnya.

 

Anggota Saka Wira Kartika juga harus mempunyai ilmu pengembangan pendidikan bela negara dan wajib meningkatkan kemampuannya agar manpu selalu peduli kepada masyarakat, terlebih ketika terjadi bencana alam namun tetap menjaga safety.

 

Selain itu, kata Serma Sudarmana, anggota Saka Wira Kartika juga harus tabah dan tahan dengan kondisi alam jika sedang melaksanakan tugas. "Apapun kondisinya, kalian harus hadapi ketika menjalankan tugas. “Saya berharap hasil dari bimbingan selama dua hari dua malam ini, dapat kalian aplikasikan di lingkungannya masing-masing,” pesan Serma Sudarma kepada anggota Saka Wira Kartika.

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anggota Koramil 0823/06 Kendit Lakukan Bina Anggota Saka Wira Kartika

Trending Now