Pekon Ambarawa Adakan Bersih Desa Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Kamis, 03 Agustus 2023 | 15:20 WIB Last Updated 2023-08-03T10:11:36Z
Masyarakat Pekon Ambarawa Barat Saat Menggelar Istigosah doa bersama. (Rawi/Jbnindonesia.com).

PRINGSEWU JBN INDONESIA  - Kegiatan Ruwat Bumi, Bersih Desa, atau lebih dikenal dengan nama Suran di Pekon Ambarawa Barat sudah menjadi agenda rutin tahunan, bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas nikmat, rahmat, hidayah serta keberkahan yang diberikan kepada seluruh warga masyarakat.


Kegiatan Bersih Desa/Suran dilaksankan di Lapangan Mujisari Pekon Ambarawa Barat dengan 

rangkaian kegiatan yaitu meliputi, Istighozah atau  Doa Bersama dilanjutkan dengan Ambarawa Barat Bersholawat pada hari Rabu malam Kamis, 02 Agustus 2023.


Itsighozah atau Doa Bersama bertujuan untuk meedoakan leluhur yang ada di Pekon Ambarawa 

Barat serta berdoa agar seluruh warga masyarakat dilindungi oleh Allah SWT serta diberi keberkahan.dilanjutkan dengan Ambarawa Barat Bersholawat dengan Tema “BERKAH SHOLAWAT, RAKYAT SELAMAT”.


Acara Ambarawa Barat Bersholawat di Imami oleh Habib Utsman Bin Salim AL- Jufri dan Habib Muhammad Faqih Bin Umar Assegaf. 


Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Hj. Ririn Kuswantari.S.E, warga kelahiran Pekon Ambarawa Barat.


Kirab Tumpeng dilaksanakan pada hari : Kamis tanggal 03 Agustus 2023 

Kirab tumpeng dimulai pada pukul 09.00 WIB pagi dengan rute perjalanan dimulai dari Batas Pekon Ambarawa Barat dengan Pekon Ambarawa menuju Lapangan Mujisari Pekon Ambarawa Barat. Dalam Kirab Tumpeng tersebut diikuti oleh seluruh Perangkat Pekon Ambarawa Barat, Lembaga Pekon, PSHT, PS Siliwangi, Grup Kesenian di Pekon serta dari 

masyarakat.Yang juga akan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provnsi Lampung  Hj. Ririn Kuswantari. S.E.


Setelah Acara Kirab Tumpeng, dilanjutkan dengan Prosesi Ritual Ruwatan yang dipimpin oleh Ki Dalang Suparman dari Ambarawa pada pukul 11.30 WIB siang.


Kepala Pekon Ambarawa Barat Suranto mengungkapkan, prosesi Ruwatan Bumi dimaksudkan untuk berdoa kepada Alla SWT agar seluruh warga masyarakat dijauhkan dari Bala/ Bencana, diberikan keberkahan, rezeki, kesehatan, kemakmuran serta kedamaian.


"Setelah Ritual Ruwatan dilanjutkan dengan Kenduri bersama warga masyarakat Pekon Ambarawa Barat pada Pukul 12. 00 WIB siang, "ungkap Suranto.


Lanjutnya, hidangan yang disajikan dalam kenduri merupakan makanan yang disedekahkan oleh warga masyarakat Pekon Ambarawa Barat. 


"Pada hari yang sama yaitu Kamis, 03 Agustus 2023 pukul 14. 00 WIB dimeriahkan hiburan Kuda Kepang, "terang Suranto.



Sambungnya, acara yang terakhir yaitu Resepsi Bersih Desa/ Suran pada hari Kamis malam Jumat tanggal 03 Agustus 2023. 

Acara Resepsi Bersih Desa/Suran ditampilkan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk oleh Ki Dalang Supardi dari Ambarawa dengan Lakon/ Judul “Pandawa Kumpul.



Dalam acara Resepsi Bersih Desa/ Suran menjadi sarana Sosialisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu menyampaikan program-program Pemerintah Daerah Kab. Pringsewu kepada masyarakat.


"Serta media Sosialisasi penyelengaraan PEMILU Tahun 2024 oleh KPU Kabupaten Pringsewu, dengan harapan agar masyarakat mengetahui serta memahami tahapan pemilu yang 

akan dilaksankan tahun 2024, "tutup Suranto. (Rawi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pekon Ambarawa Adakan Bersih Desa Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

Trending Now