Kemendagri Bekali ASN Terampil Gunakan Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran “Camtasia”

Kamis, 21 April 2022 | 15:00 WIB Last Updated 2022-04-21T08:00:20Z
Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono dalam paparannya - Dok. Puspen Kemendagri


JBN Indonesia, Jakarta - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membekali para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terampil menggunakan Camtasia, sebuah aplikasi video editing yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan konten pembelajaran interaktif. Hal ini dilakukan melalui webinar bertajuk “Merancang Video Pembelajaran dengan Camtasia” pada Selasa (19/4/2022).


Webinar tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ASN dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya penggunaan aplikasi Camtasia. Diharapkan penguasaan teknologi tersebut dapat membantu dan mendukung kinerja para aparatur di lingkungan kerja masing-masing.


Menurut Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono, kegiatan kali ini merupakan wadah untuk menghadirkan inovasi di bidang desain grafis. Hal ini sekaligus untuk mengasah kreativitas para ASN dalam mengembangkan video pembelajaran yang lebih atraktif.


“Sehingga dapat mendukung kinerja seorang ASN untuk melakukan alternatif presentasi pembelajaran,” ujar Sugeng pada pembukaan webinar tersebut.


Dalam penghujung sambutannya, Sugeng berharap webinar kali ini dapat mendukung kinerja ASN yang kreatif dengan mengimplementasikan keterampilan desain grafis. Sekali lagi, harapannya melalui kegiatan ini akan menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih maksimal.


Sebagai informasi, webinar ini dibawakan oleh Irfana Steviano dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Adapun materi yang disampaikan kepada peserta berupa teori dan praktik penguasaan Camtasia. Dalam kesempatan itu, dibahas secara lengkap seputar aplikasi Camtasia.


Pada dasarnya, Camtasia merupakan aplikasi yang digunakan untuk screen capturing, e-learning authors, content creators, video editing, dan membagikan video yang dibuat melalui satu aplikasi. (JBN) 

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendagri Bekali ASN Terampil Gunakan Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran “Camtasia”

Trending Now