BPBD Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Heru Hartanto
Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:27 WIB Last Updated 2022-08-31T13:29:45Z

 

Suasana Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Lantai II Pemkab Situbondo (Heru Hartanto/jbnindonesia.com) 

JBNIndonesia.com - SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk mengatasi bencana alam kebakaran hutan dan lahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo melaksanakan rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi yang bertempat di Aula Lantai II Pemkab Situbondo, Rabu (31/8/2022).

 

Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi ini, dihadiri Sekda Situbondo Drs. H. Syaifullah, M.M, Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, S.H, Kabagops Polres Situbondo Kompol Ibnu Mas'ud, S.H, Pasiops Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf Basuki Rahmat, S.Sos, Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Drs. EC. Zainul Arifin, M.Si, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo Gatot Trikorawan, M.Si, Asper Panarukan Rifa'I, Jajaran Danramil se-Kabupaten Situbondo, jajaran Kapolsek se-Kabupaten Situbondo dan Jajaran Camat Se-Kabupaten Situbondo.

 

Arahan yang disampaikan Syaifullah Sekda Situbondo menjelaskan bahwa, iklim saat ini semakin panas, sehingga semua pihak harus selalu waspada untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan. “Kabupaten Situbondo yang lokasinya di kelilingi gunung dan hutan menjadi atensi dari Kementerian Kehutanan, agar mengambil langkah dalam mengantisipasi perubahan cuaca tersebut,” jelas Sekda Syaifullah.

 

Menindak lanjuti perintah Presiden, sambung Sekda Syaifullah, khususnya daerah yang dekat dengan hutan agar mengambil langkah tidak terjadi kebakaran hutan. “Ketika Karhutla ini terjadi seperti di daerah Kalimantan, maka akan menjadi perhatian khusus, dan semua elemen masyarakat serta badan penangulangan bencana daerah harus mempersiapkan simulasi agar tidak terjadi kerugian yang fatal,” tuturnya.

 

Untuk itu, kata Sekda Syaifullah, perlu diwaspadai dengan adanya iklim seperti sekarang ini. “Harapanya dari rakor ini, kita sudah mempunyai planning dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan kering,” katanya.

 

Kegiatan ini, sambung Sekda Syaifullah, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan BPBD dan BPBD perlu menyiapkan anggarannya termasuk antisipasi dalam pelaksanaanya, sehingga bisa bergerak cepat dalam mengatasi kebakaran hutan maupun lahan kering.

 

“Pemkab akan mensupport untuk membuat IT dalam mendeteksi kebakaran hutan dan sudah ada anggarannya. Sehingga pertemuan ini memberikan langkah yang tepat dalam mengatasi Karhutlah,” pungkas Sekda Syaifullah.

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPBD Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Trending Now