Kapolsek Gadingrejo Buka Lomba Seni Suara Burung Perkutut

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:37 WIB Last Updated 2022-08-14T06:37:44Z


PRINGSEWU, JBN.INDONESIA.COM
- Kapolsek Gadingrejo Iptu Anwar Mayer Siregar, SH, mewakili Kapolres Pringsewu membuka lomba seni suara gacoran perkutut lokal alam di Pekon Mataram kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Minggu (14/8/22)


Dibukanya lomba itu ditandai dengan prosesi pelepasan 17 ekor burung perkutut ke alam bebas sebagai simbol kepedulian pelestarian satwa. Sementara jumlah 17 ekor burung melambangkan perayaan kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.


Lomba dihadiri Uspika Kecamatan Gadingrejo, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pecinta burung perkutut dari berbagai daerah.


Kapolsek Gadingrejo Iptu Anwar Mayer Siregar, SH mewakili mengatakan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan lomba ini karena bisa menyatukan peserta dari berbagai daerah, selain menyalurkan hobi juga menggerakkan perekonomian masyarakat.


“Burung perkutut adalah salah satu simbol kelestarian budaya Jawa. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk meneruskan dan menjaganya agar tetap menjadi budaya,” Ujarnya.


Lomba tersebut, katanya meneruskan, adalah ajang yang ditunggu-tunggu oleh pencinta Burung Perkutut. Pasalnya baru sekali ini berlangsung di Kabupaten Pringsewu.


"Dan kita patut bersyukur, akhirnya, Kabupaten Kabupaten Pringsewu bisa melaksanakan event bergengsi ini,” jelas Iptu Anwar Mayer


Selain itu, Iptu Anwar Mayer juga mengajak peran serta masyarakat khususnya generasi milenial agar lebih mencintai dan melestarikan burung perkutut dengan tujuan  budaya. 


"Burung perkutut ini memiliki keunikan tersendiri, ibarat sebuah barang ini kategori klasik. Banyak kalangan ningrat yang memeliharanya. Alangkah baiknya juga generasi milenial dapat ikut melestarikannya," imbuhnya


Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Kabupaten Pringsewu yang juga ketua komisi 1 DPRD Kabupaten Pringsewu, Anton Subagio mengatakan, lomba perkutut lokal ini diadakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, sekaligus louncing pengurusan Perkumpulan Pelestari pecinta Perkutut Seluruh Indonesia (P4LSI) Korwil kabupaten Pringsewu.


lomba seperti ini bagus sebagai ajang silaturahmi dan persaudaraan pemilik perkutut.


Menurut Anton, lomba ini diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai daerah se-provinsi Lampung.


“Selain untuk lebih memeriahkan HUT kemerdekaan RI, lomba ini untuk memperkenalkan keberadaan organisasi Perkumpulan Pelestari dan Pencinta Perkutut Lokal Seluruh Indonesia (P4LSI) Kabupaten Pringsewu. "jelasnya. (Yudi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolsek Gadingrejo Buka Lomba Seni Suara Burung Perkutut

Trending Now