Resmikan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Di RSUD Toto Kabila, Kajati Gorontalo Apresiasi Pemda Bone Bolango

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:37 WIB Last Updated 2022-08-12T09:37:32Z

 

Kajati Gorontalo saat menandatangani prasasti pemanfaatan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa di RSUD Toto Kabila (foto : Diskominfo)

Bone Bolango, JBNindonesia.com - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Gorontalo Haruna, SH, MH sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango yang telah menjalin kerjasama dengan Kejati Gorontalo dalam rangka penanganan kasus penyalahgunaan narkoba di Provinsi Gorontalo.


Hal ini disampaikan Haruna saat meresmikan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Kamis (11/8/2022).


“Ini apresiasi saya yang paling tinggi karena yang pertama di Provinsi Gorontalo adalah di Bone Bolango. Nanti kita akan bekerjasama dengan Pemda dalam proses pelaksanaan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa ini kedepan. Tentu ini butuh anggaran maupun pendanaannya lewat APBD, karena di Kejaksaan sendiri memang anggaran untuk itu tidak disiapkan,”ujarnya.


Lebih lanjut Haruna menjelaskan bahwa kehadiran Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa ini nantinya lebih diprioritaskan terhadap perkara-perkara yang menurut jaksa sebagai penerapan azas dominus litis atau jaksalah yang menentukan suatu perkara itu bisa ke pengadilan atau tidak. Sehingga yang dimasukan ke Balai Rehabilitasi ini bukan pelaku tindak pidana yang telah dijatuhi hukuman oleh pengadilan. Tetapi dari penilaian jaksa dan didukung dengan asesmen dari berbagai pihak yang berkompeten.


“Sebagai korban tentu dia wajib dilindungi. Jadi nantinya perkara ini tidak akan dilimpahkan ke pengadilan, tetapi kita akan rehabilitasi di Balai Rehabilitasi ini, baik itu rehabilitasi medis maupun rehabilitasi sosial,”jelas Haruna.


Haruna juga menegaskan bahwa diresmikannya Balai Rehabilitasi Narkotika Adyaksa pertama di Provinsi Gorontalo ini karena mengingat permasalahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika merupakan masalah kemanusiaan yang juga membawa dampak kerusakan multidimensional. 


Tidak hanya akan menimbulkan kerugian bagi orang per orang atau yang menyalahgunakan narkoba itu sendiri, tetapi bisa berdampak secara nasional.


"Narkoba ini bisa melemahkan kemampuan berpikir para penggunanya yang notabene merupakan penerus kita dalam membawa negara ini ke arah yang lebih baik kedepannya,”tegasnya.


Masih kata Haruna bahwa untuk Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa sendiri direncanakan akan dibuat di setiap kabupaten/kota. Sehingga nantinya pasien pengguna atau penyalahguna narkoba yang masuk ke Balai Rehabilitasi itu adalah warga di kabupaten/kota itu.


"Kita maksimalkan seperti itu, sehingga pembiayaan yang dikeluarkan oleh Pemda lewat APBD itu, untuk warganya sendiri,”pungkas Haruna.


Peresmian Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa yang memanfaatkan dua buah ruangan di lantai 2 gedung VIP RSUD Toto Kabila itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kajati Gorontalo, Haruna.


Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma didampingi Direktur RSUD Toto Kabila Serly Daud atas nama Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh jajaran Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang telah memilih Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila menjadi bagian dari kerjasama  penanganan kasus penyalahgunaan narkoba di Provinsi Gorontalo.


“Kami di Kabupaten Bone Bolango tentu patut berbangga diri, karena di Provinsi Gorontalo, Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa di RSUD Toto Kabila ini yang pertama dipilih dan diresmikan pemanfaatannya oleh  Kajati Gorontalo,”tutur Ishak Ntoma. (Noka)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmikan Balai Rehabilitasi Narkotika Adhyaksa Di RSUD Toto Kabila, Kajati Gorontalo Apresiasi Pemda Bone Bolango

Trending Now