Dinilai Paling Netral Citranya, Analis Komunikasi Politik Nilai Dirjen PolPum Bahtiar Cocok Jadi Pj Gubernur DKI

Rabu, 14 September 2022 | 19:34 WIB Last Updated 2022-09-15T05:16:39Z
Dirjen PolPum Kemendagri, Bahtiar - JG/JBN


Jakarta, JBN INDONESIA – Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio menilai bahwa Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar lebih cocok menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.


Bahtiar dipilih karena dinilai lebih netral ketimbang sosok yang lainnya. Founder dari lembaga survei Kedai KOPI itu mengatakan bahwa nama-nama lain yang muncul dari usulan fraksi-fraksi dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD kemarin itu cenderung kurang netral, karena kuat dengan nuansa bekingan.


“Dari empat nama itu, menurut saya Dirjen Kemendagri yang paling netral, dalam arti ya dia memang karena tugas dia sebagai Dirjen Kemendagri, kalau yang lain punya kemiripan seolah-olah mereka punya beking, baik itu Pak Heru, Pak Sekda, atau Pak Juri,” kata Hendri kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).


Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio mengungkapkan bahwa Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono misalnya, dinilai kurang netral karena punya ikatan yang sangat erat dengan Presiden Joko Widodo.


“Jadi yang paling netral citranya itu memang Kemendagri, dan kita kan pernah juga Jakarta dipimpin oleh Dirjen kemendagri, kalau Pak Heru ya kental sekali ke-Jokowiannya disitu,” tukasnya.


Walaupun begitu, Hensat belum bisa memastikan apakah Heru punya garis politik yang bersebrangan dengan Anies atau tidak. Namun ia berharap, siapapun Pj Gubernur yang nantinya akan dipilih bisa melanjutkan program-program Anies yang dinilai baik.


“Apakah kemudian Pak heru bersebrangan dengan Anies ya menurut saya enggak juga. Beberapa hal baik harusnya diteruskan, oleh penjabat-penjabat itu ya, bahkan itu akan lebih objektif nantinya,” pungkasnya.


Sebelumnya, dalam Rapimgab DPRD kemarin terdapat empat nama yang muncul dari usulan fraksi-fraksi. Namun, DPRD hanya menetapkan tiga nama yang punya suara terbesar dan selanjutkan akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri. (JG/JBN)

Penulis: Moehamad Dheny/populis.id

 

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinilai Paling Netral Citranya, Analis Komunikasi Politik Nilai Dirjen PolPum Bahtiar Cocok Jadi Pj Gubernur DKI

Trending Now