Ansar Ahmad Wajibkan Kepala Dinas Kenakan Pakaian Adat Saat Upacara Sumpah Pemuda

Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:12 WIB Last Updated 2022-10-27T11:13:12Z

Ansar Ahmad, Gubernur Kepri (Dok.JBN)


KEPRI, JBN INDONESIA - Sempana peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan melaksanakan Upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022 di Gedung Daerah Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang.


Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan seluruh Pejabat Eselon II di lingkungan Pemeriintahan Provinsi Kepri untuk mengenakan pakaian adat Nusantara pada saat pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 esok hari.


"Setiap kepala dinas saya wajibkan untuk menggunakan pakaian adat Nusantara yang berbeda-beda esok hari saat pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Daerah" Ucapnya.


Ansar menyebutkan bahwa kebijakan untuk mengenakan pakaian adat nusantara ini merupakan simbol kekuatan Bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam macam suku, adat istiadat dan bahasa.


"Keragaman itu dipertemukan dalam sebuah kesepakatan untuk melahirkan bangsa yang merdeka. Kita ketahui bersama bahwa sumpah pemuda adalah sebuah sejarah penting dalam mempersatukan keragaman tersebut sehingga lahirlah persatuan Indonesia yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa" Pungkasnya.


Sesuai dengan anjuran Gubernur Kepri, Adi Prihantara selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kepri telah menerbitkan Surat Instruksi yang ditujukan untuk seluruh Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri untuk menggunakan pakaian adat saat upacara Sumpah Pemuda pada Jum'at 28 Oktober 2022 dengan nomor surat B/003.1/2554/B.ADPIM-SET/2022.


"Telah diterbitkan surat atas perintah Gubernur Kepri untuk seluruh kepala dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Tujuannya memang sebagai simbol keragaman suku, budaya, dan ras yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia" Ungkapnya.


Pemprov Kepri terdapat 49 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Setiap pemimpin OPD itu mengenakan pakaian adat Nusantara yang berbeda-beda, misalnya asisten pemerintahan mengenakan pakaian adat Kalimantan Tengah, asisten administrasi perekonomian berpakaian adat dari Sumatera Barat, Inspektur Daerah Kepri berpakaian adat Bengkulu, Sekretaris DPRD Kepri berpakaian adat Maluku, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan berpakaian adat Kalimantan Timur, Kepala Bappeda Kepri berpakaian adat Jawa Barat, Kepala Badan Pendapatan Daerah berpakaian adat Bali, dan Kepala Dinas Pendidikan Kepri mengenakan pakaian adat Sulawesi Selatan.


Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepri mengatakan akan menggunakan pakaian adat Kalimantan Barat. "Saya menyukai pakaian adat Kalimantan Barat, sangat unik dan saya juga sudah mempersiapkan pakaian itu untuk dikenakan esok hari" Ujarnya. (iB/JBN) 

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ansar Ahmad Wajibkan Kepala Dinas Kenakan Pakaian Adat Saat Upacara Sumpah Pemuda

Trending Now