Hadapi Ancaman Bencana, BPBD Situbondo Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Heru Hartanto
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 07:34 WIB Last Updated 2022-10-22T00:34:52Z

 

Suasana Apel Kesiapsiagaan Kebencanaan Daerah Kabupaten Situbondo (Heru/JBN Indonesia) 

SITUBONDO JAWA TIMUR, JBN Indonesia Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya, Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, S. Ag dan jajaran Forkopimda Kabupaten Situbondo lainnya melaksanakan Gelar Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Situbondo, Sabtu (22/10/2022).

 

Apel yang bertempat di halaman belakang Pemkab Situbondo Jl.PB Sudirman ini, mengambil,"Siap Untuk Selamat" di pimpinan Kapolres Situbondo, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., Komandan Apel Kasi Hukum Polres Situbondo AKP Hariyono, S.H, dan Perwira Apel Pasiops Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf Basuki Rahmad, S.Sos dan diikuti kurang lebih 400 orang.

 

Adapun pasukan yang terlibat dalam upacara diantaranya, 1 SSR Subdenpom V/3-5 Situbondo, 2 SST Kodim 0823 Situbondo, 1 SST Marinir, 2 SST Polres Situbondo, 1 SST Satpol PP Situbondo, 1 SST Dishub Kab. Situbondo, 1 SST TAGANA, 1 SST Damkar, 1 SST Perhutani, 1 regu Dinas Kesehatan Situbondo, 1 SST PMI Situbondo, 1 SST BASARNAS, 1 regu Orari Situbondo, 1 regu Radio Antar Penduduk Indonesia Situbondo, 1 regu Pramuka dan 1 regu relawan.

 

Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya selaku pimpinan apel dalam amanat mengatakan, dalam kesiapsiagaan dan menjalankan tugas kemanusiaan ini diharapkan semua saling bahu membahu dan bersinergi dalam menanggulangan bencana.

 

Dalam pelaksanaan dilapangan kita mengesampingkan individu atau ego sektoral. Kita semua harus bersinergi untuk meningkatkan kewaspadaan atau kekuatan dalam menghadapi ancaman bencana banjir, tanah longsor dan semua intansi harus mengetahui tugasnya masing-masing dengan peningkatan sumber daya manusia,” jelas Kapolres Situbondo.

 

Dalam pelaksanaan dilapangan, sambung Kapolres Situbondo, faktor yang diutamakan keselamatan manusia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan bimbingan, petunjuk dan kekuatan kepada kita dalam melaksanakan tugas dan kegiatan kemanusian untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,” pungkas AKBP Dr Andi Sinjaya.

 

Sementara itu, Kasdim 0823 Situbondo, Mayor Inf Sampak, S.Ag, dalam pengarahannya mengatakan, ada bencana alam dan ada bencana non alam. Kesiapsiagaan Bencana perlu dilaksanakan langkah-langkah yang matang serta terarah dari para petugas. Para petugas di gladi posko harus rutin memberikan laporan kepada Kapolres dan Dandim.

 

Lebih lanjut, Kasdim Situbondo dalam arahannya, para petugas kebencanaan mempunyai gladi peta daerah mana yang rawan akan terjadi bencana dan gladi medan sebenarnya. “Dalam penanganan bencana utama sinergi dilapangan dengan petugas lainnya dan pengecekan sarana serta prasarana,” tegas Kasdim Situbondo. (Heru/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadapi Ancaman Bencana, BPBD Situbondo Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Trending Now