Masyarakat Desa Mootayu Kini Bisa Menikmati Air Bersih, Basir Kasiaradja : Terima Kasih Pak Bupati

Minggu, 23 Oktober 2022 | 10:04 WIB Last Updated 2022-10-23T12:30:32Z

 

Penyerahan pemanfaatan SPAM Desa Mootayu oleh Kabid Cipta Karya PUPRPR Kabupaten Bone Bolango Jemmy Ahmad kepada Kepala Desa Mootayu Basir Kasiaradja (foto:KP SPAM/JBN Indonesia) 


Bone Bolango, JBN Indonesia - Pemerintah dan masyarakat Desa Mootayu Kecamatan Bone Raya  Kabupaten Bone Bolango kini sudah bisa menikmati air bersih setelah pihak Dinas Pekerjaan Umum, Penataaan Ruang dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bone Bolango secara resmi menyerahkan pemanfaatan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Mootayu kepada pemerintah Desa Mootayu Kecamatan Bone Raya, Jum'at (21/10/2022).


Diketahui bahwa pekerjaan SPAM Desa Mootayu ini merupakan program dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bone Bolango  melalui kegiatan Peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Mootayu tahun 2021 dengan anggaran 575 juta rupiah yang dikerjakan dengan sistem swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan KP SPAM (Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum).

Foto Bak SPL (dok:KP SPAM/JBN Indonesia)


Kepada JBN, Kepala Desa Mootayu Basir Kasiaradja mengatakan bahwa pihaknya sangat bersukur atas selesainya pembangunan SPAM Desa Mootayu. Karena sudah sekian lama Desa Mootayu mengalami krisis air bersih.


"Kami sangat bersyukur, akhirnya seluruh masyarakat Desa Mootayu sudah bisa menikmati air bersih,"ujar Basir, Jum'at (21/10/2022)

Kades Mootayu Basir Kasiaradja (dok:BeritaNasional.ID) 


Basir yang merupakan Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Gorontalo ini juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten  Bone Bolango yang telah merealisasikan anggaran untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Desa Mootayu.


"Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango terutama Bapak Bupati Hamim Pou atas perhatiannya kepada masyarakat Desa Mootayu,"ucapnya.


Disisi lain masyarakat Desa Mootayu juga sangat berterima kasih kepada Kepala Desa Mootayu Basir Kasiaradja yang telah berhasil memperjuangkan kebutuhan mereka akan tersedianya air bersih yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

Foto SR yang terpasang di salah satu rumah warga (dok:KP SPAM/JBN Indonesia)


"Sudah lama sekali kami krisis air bersih. Alhamdulillah pak Kades sudah memperjuangkannya dan sekarang kami bisa menikmati air bersih,"ucap salah seorang warga yang tidak mau namanya ditulis.


Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPRPR Kabupaten Bone Bolango, Jemmy Ahmad, ST. MT, meminta kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Mootayu agar sarana penyediaan air bersih tersebut dikelola dengan benar dan dipelihara dengan baik sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.


"Harus ada pengelola yang di SK-kan oleh Kepala Desa agar sarana ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai masyarakat pemanfaat mengeluh karena air macet. Karena ini (air) adalah kebutuhan dasar,"kata Jemmy.


Turut hadir pada kegiatan penyerahan pemanfaatan SPAM Desa Mootayu tersebut yakni Kepala Unit (Kanit) Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Polres Bone Bolango Ipda Yahya Boudelo, SH dan Fasilitator Program SPAM Ibrahim Ali serta KP SPAM dan masyarakat pemanfaat. (Noka/JBN)





Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masyarakat Desa Mootayu Kini Bisa Menikmati Air Bersih, Basir Kasiaradja : Terima Kasih Pak Bupati

Trending Now