UPT Trans Batam Lakukan Sosialisasi, Ajak Pelajar dan Masyarakat Batam Gunakan SIP TB dan Pembayaran Non Tunai

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:14 WIB Last Updated 2022-10-21T07:26:10Z

Ka.UPT Trans Batam saat sampaikan sosialisasi (Dok.JBN)

BATAM, JBN Indonesia - Dinas Perhubungan Kota Batam melalui Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pelayanan Jasa Transportasi Batam sedang gencar melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penumpang Trans Batam (SIP TB) dan pembayaran tiket Trans Batam dengan metode pembayaran non tunai.


Sosialisasi di SMP 17 Kota Batam merupakan sosialisasi kedua yang dilakukan oleh UPT Trans Batam, pada hari sebelumnya Kamis 20 Oktober 2022 juga telah melaksanakan sosialisasi di SMP Negeri 3 Kota Batam. Sama seperti hari sebelumnya, sosialisasi hari ini juga dihadiri oleh Kepala UPT Trans Batam, Kepala Divisi Umum dan Kepegawaian Trans Batam, serta Tim Sosialisasi SIP TB dan Non Tunai Trans Batam.


Kepala UPT Trans Batam, Bambang Sucipto menyebutkan sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat terutama pelajar di Kota Batam untuk menggunakan SIP TB dan melakukan transaksi pembayaran dengan cara non tunai. “Pada dasarnya sosialisasi ini kita lakukan untuk mengajak masyarakat dan pelajar maupun mahasiswa di Kota Batam untuk menggunakan aplikasi SIP TB dan metode pembayaran secara non tunai. Selain mempermudah penumpang dalam melakukan transaksi, hal ini juga dapat meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi dilapangan” Ujarnya.


Dalam sosialisasi tersebut, Jimmi Domo Aritonang selaku Kepala Divisi Umum dan Kepegawaian sekaligus perwakilan dari Tim Sosialisasi SIP TB juga menyampaikan langkah-langkah penggunaan SIP TB dan menu yang ada didalamnya kepada siswa-siswa di SMP 17 Kota Batam.


Gambaran aplikasi SIP TB (Dok.JBN)


“Penggunaan SIP TB sebenarnya sangat mudah, saya yakin seluruh siswa-siswi SMP 17 Batam ini sudah pasti mempunyai smartphone atau gadget android yang didalamnya memiliki Play Store. Untuk sementara SIP TB hanya bisa diakses melalui Android yang dapat diunduh langsung melalui Google Play Store, tinggal tulis SIP TB dikolom pencarian Play Store akan muncul aplikasi dengan logo huruf B berwarna biru dongker. Didalamnya sudah terdapat menu pembelian tiket, informasi rute bus, informasi keberadaan bus terdekat, keberadaan halte terdekat, dan rute perjalanan Bus sesuai nomor yang akan ditumpangi oleh penumpang.” Jelasnya.


Pada kesempatan itu juga, Jimmi menerangkan tata cara pembayaran tiket dengan metode pembayaran non tunai. “Untuk metode pembayaran non tunai bisa dilakukan dengan kartu Brizzi dan scan QRIS melalui beberapa aplikasi e-money seperti GoPay, DANA, Mobile Banking, OVO, Shopeepay, LinkAja, serta AstraPay.” Terangnya. (iB/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UPT Trans Batam Lakukan Sosialisasi, Ajak Pelajar dan Masyarakat Batam Gunakan SIP TB dan Pembayaran Non Tunai

Trending Now