Cari Berkah Allah SWT, Nelayan Pandean Laksanakan Tradisi Petik Laut

Heru Hartanto
Rabu, 30 November 2022 | 17:37 WIB Last Updated 2022-11-30T10:37:23Z

 

Suasana Larung Sesaji pada Petik Laut Nelayan Pandean (Heru/JBN Indonesia)

SITUBONDO JAWA TIMUR, JBN Indonesia - Untuk mempertahankan tradisi peninggalan para lelehurnya, Nelayan Kampung Pandean, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo menyelenggarakan sedekah laut dan melarung bitek sesaji ke tengah laut, Rabu (30/11/2022).

 

Keterangan yang disampaikan, Pjs Danramil 0823/08 Banyuputih Letda Inf. Suyitno mengatakan, kegiatan petik laut ini diawali dengan pawai bitek bitek berisi sesaji dan kuntulan yang mengambil start dari TPI keliling Desa Wonorejo dan finis di TPI Utara Pantai Pandean. Dalam kegiatan pawai ini, di kawal oleh Bhabinkamtibmas Polsek Banyuputih, Babinsa Koramil Banyuputih, Kamla dan Linmas Desa Wonorejo,” tutur Letda Inf. Suyitno.

 

Dilain pihak, Ketua Panitia Petik Laut Desa Wonorejo, Subaidi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran Petik Laut ini dan meminta maaf atas segala kekurangan dalam kegiatan Petik Laut ini.

 

“Petik laut merupakan tradisi peninggalan para leluhur kita yang harus dilestarikan keberadaannya. Dengan sedekah laut ini, maka para nelayan menyakini hasil tangkapan ikan akan berlimpah dan mendapat perlindungan dari Allah SWT,” jelas Subaidi.

 

Kades Wonorejo Sumarto Adi dalam arahannya mengatakan bahwa, kegiatan Petik Laut ini menjadi agenda rutin tahunan di masyarakat nelayan dan wujud syukur kepada Allah SWT yang memberikan limpahan rejeki dari laut. “Puncak kegiatan Petik Laut ini melarung Perahu Bitek berisi sesaji ke laut yang diiringi dengan perahu lain,” tutur Kades Wonorejo.

 

Tak hanya itu yang disampaikan Kades Wonorejo, namun dia menjelaskan, tradisi Petik Laut yang dilaksanakan oleh nelayan Kampung Pandean ini, dilakukan turun menurun yang bertujuan mendapat berkah dan selamat dari Allah SWT, ketika mencari nafkah di tengah laut. “Masyarakat Nelayan yakin, dengan dilaksanakannya Petik Laut akan berlimpah tangkapan ikannya,” pungkas Sumarto Adi.

 

Sekedar informasi, hadir dalam kegiatan Larung Sesaji Petik Laut ini, antara lain Kasat Pol Airud Polres Situbondo diwakili KBO Ipda Mariyadi, Humas Taman Nasional Baluran Arif Pratiwi, Camat Banyuputih, Kapolsek Banyuputih AKP Heru Purwanto, Pjs Danramil 0823/08 Banyuputih Letda Inf. Suyitno dan tamu undangan lainnya. (Heru/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cari Berkah Allah SWT, Nelayan Pandean Laksanakan Tradisi Petik Laut

Trending Now