Parah! Program Stunting di Pekon Fajar Mulia Gunakan Susu Pediasure, Subagyo: Kami Gunakan Susu SGM

Rabu, 11 Januari 2023 | 12:15 WIB Last Updated 2023-01-11T05:32:40Z
Kepala Pekon Fajar Mulia Subagyo. (Davit/Jbn)

PRINGSEWU, JBN INDONESIA  - Pengadaan susu stunting di Pekon Fajar Mulia kecamatan Pagelaran Utara kabupaten Pringsewu melanggar aturan. (Tidak mengikuti rekomendasi)


Susu yang dipergunakan oleh mereka dalam menjalankan program penanggulangan stunting ternyata adalah susu pediasure.


Hal itu dikeluhkan oleh salah seorang ibu rumah tangga berinisial TM (40), yang merupakan ibu dari balita penderita Stunting warga setempat.


Menurut dia, selama dua tahun berjalan ini, buah hatinya yang berusia 2,8 tahun menkonsumsi susu pediasure. Susu pediasure tersebut diperolehnya dari bidan Desa. Yang menurut bidan tersebut susu pediasure merupakan susu terbaik untuk balita penderita Stunting.


Selain susu pediasure, ada beberapa lagi bantuan yang diberikan kepadanya. Bantuan tersebut diantaranya yaitu telur, ikan, daging ayam. Bantuan itu diberikan kepadanya dua kali dalam satu bulan, bahkan termasuk satu kali dalam sebulan.


" Jenis susu yang diberikan oleh bidan adalah susu pediasure yang saya tahu susu tersebut bukan susu khusus untuk stanting. Selama tahun 2022 saya masih menerima susu pediasure, "ungkap TM.


Menurut TM, bidan setempat pernah menyatakan bahwa balitanya (Anak TM) pernah sembuh dari stunting. Tidak berselang lama, tiba-tiba sang bidan kembali menyatakan bahwa stunting yang diderita oleh balitanya tersebut belum sepenuhnya sembuh dari stunting.


"Kalau menurut bidan mengatakan bahwa anak saya sudah pernah sembuh dari stunting, namun kemudian tiba-tiba anak saya terdata stunting lagi. Kalau menurut pengakuan bidan bahwa stanting yang diderita oleh anak saya belum sembuh dengan sempurna masih terdampak stunting, "terang TM.


Sekali lagi TM memastikan bahwa susu yang diterima olehnya adalah bermerek pediasure.


Sedangkan yang ia ketahui, susu yang dianjurkan untuk penanggulangan stunting adalah susu yang berjenis Protein Gold.


"Dapat saya pastikan bahwa susu yang diberikan itu adalah merk pediasure, dengan kemasan 300 gram. Susu tersebut saya peroleh dari bidan berinisial AN yang mengantarkan langsung ke rumah saya, "kata TM.


Sambungnya, Menur TM bahwa penderita starting di pekon Fajar Mulia untuk kesemuanya memperoleh serta mengkonsumsi susu dengan merek yang sama yaitu pediasure.


"Yang saya ketahui semua balita penderita stunting di sini menerima susu dengan merek yang sama yaitu pediasure. Selain dari pediasure kami juga di sini menerima bubur kacang hijau, kurang lebih 0,5Kg untuk satu bulan,"bebernya.


Sementara itu terpisah kepala Pekon Fajar Mulia Subagyo,S.pd,M.M saat dikonfirmasi dikantornya menyebut bahwa susu yang dipergunakan untuk penanggulangan stunting difokun Fajar Mulia adalah susu bermerek SGM.


Parahnya lagi, dirinya menjelaskan bahwa dalam pembelian susu SGM tersebut tidak melalui pihak ketiga melainkan belanja sendiri.


"Untuk pengadaan susu stunting kami di sini berbelanja sendiri. Susu yang kami beli bermerek SGM, "kata Subagyo, Senin (9/1/22).


Untuk diketahui, penderita stunting di Pekon Fajar Mulia sebelumnya pada tahun 2021 berjumlah 10 balita. Kemudian, pada tahun 2022 jumlah dari balita penderita stunting bertambah 3 orang, hingga di tahun 2023 ini tercatat penderita stunting menjadi 13 orang. Untuk itu, penderita stunting di Pekon Fajar Mulia tidak mengalami penurunan.


Kemudian, anggaran penanggulangan stunting yang diterima oleh pemerintah Fajar Mulia pada tahun 2022 yaitu sebesar Rp.45.996.000, naik dari tahun sebelumnya 2021 yaitu sebesar Rp.44.998.000.


Dengan pembelian susu yang tidak sesuai dengan juklak dan juknisnya, maka program stunting di Pekon Fajar Mulia terhendus dugaan mark'up, mengingat harga susu yang dibeli jauh lebih murah dibanding susu yang diperuntukkan khusus untuk balita stunting.

Jenis susu standar yang sesuai untuk dipergunakan dalam pencegahan dan penanggulangan balita stunting. (Davit/Jbn).


Melansir klikdokter.com, Susu yang baik untuk pertumbuhan anak harus memiliki nutrisi-nutrisi sebagai berikut demi mencegah stunting:

1. DHA dan Kolin


DHA atau docosahexanoic acid merupakan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak anak.


Kolin merupakan salah satu senyawa organik yang akan mendukung pertumbuhan fungsi sistem saraf anak.


2. Serat Pangan (Inulin)


Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan.


Dengan memberikan serat kepada anak, ia akan memiliki sistem pencernaan yang baik dan mampu menyerap seluruh nutrisi yang tersedia.


3. Vitamin dan Mineral


Vitamin dan mineral adalah dua jenis mikronutrien yang sangat penting untuk pertumbuhan anak.


Sebab, hampir semua jenis fungsi tubuh memerlukan satu atau beberapa jenis vitamin dan mineral dalam fungsi kerjanya.


4. Kalsium


Kalsium adalah salah satu mineral penyusun tulang. Oleh karena itu, penting untuk memberikan kalsium yang cukup untuk anak agar ia tumbuh dengan baik dan sesuai umur.


5. Asam Amino Esensial


Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Jadi, nutrisi ini harus didapatkan dari makanan dan minuman.


Asam amino esensial sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati agar optimal.

Pilihan Susu yang Tepat untuk Cegah Anak Stunting

Sebagai solusi untuk cegah stunting, pilihlah susu anak yang memiliki kandungan nutrisi berkualitas. Susu Bubuk Morinaga Chil*Go! dapat menjadi pilihan untuk mendukung tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya.

Susu Bubuk Morinaga Chil*Go! adalah susu bubuk kualitas Jepang yang enak bernutrisi. Tersedia Susu Morinaga Chil*Go! tersedia dalam 1+ dan 3+ dengan varian rasa Madu dan Vanila.

Dilengkapi kandungan Minyak Ikan, Omega-3 dan 6, Kolin, serta perpaduan Serat Pangan Inulin, Vitamin A, C, E, dan Zink. (Tim)


Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Parah! Program Stunting di Pekon Fajar Mulia Gunakan Susu Pediasure, Subagyo: Kami Gunakan Susu SGM

Trending Now