KPPU Gandeng DPR RI Gelar Sosialisasi Penguatan UMKM Situbondo

Sabtu, 01 April 2023 | 18:50 WIB Last Updated 2023-04-01T11:50:29Z

Anggota komisi VI DPR RI F-PKB Ir.HM Nasim Khan menghadiri sosialiasasi yang digelar oleh KPPU


SITUBONDO, JBN Indonesia – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkolaborasi dengan Komisi VI DPR RI dalam kegiatan Sosialisasi dengan tema Penguatan UMKM Melalui Hukum Persaingan  Usaha dan Pengawasan Kemitraan Program Kerja Kemitraan KPPU. 


Hadir dalam kegiatan ini Anggota KPPU Chandra Setiawan, Anggota Komisi VI DPR RI F-PKB  Ir. HM. NasimKhan, Komisioner KPPU RI Dr. M. Afif Hasbullah, SH, Anggota DPRD FPKB Situbondo Mahbub Junaidi, Kepala Kanwil 4 KPPU Surabaya Dendi R Sutrisno, Direktur Nasim Khan Indonesia (NKI) Aurangzeb, SE, Ketua Sahmasy Situbondo H. Mohammad Sueb serta 200 pelaku usaha UMKM dari kecamatan Mangaran dan Kecamatan Kota. 


Mahbub junaidi DPRD F-PKB Situbondo menyambut baik acara sosialisasi tersebut untuk membentuk UMKM yang sehat dan persaingan sehat. 


"Kami berharap nanti pencerahan seperti apa hukum persaingan usaha dan bagaimana jika memiliki jenis usaha sama baagaimana persaingannya, sesama sopir Bus jangan saling mendahului, " singkatnya. 


Komisioner KPPU RI Dr. M. Afif Hasbullah, SH mengatakan melalui sosialisasi, KPPU ingin mengenalkan kepada masyarakat terkait dengan fungsi tugas dan kewenangan komisi pengawas perusahaan usaha terutama peran KPPU sebagai pengawas kemitraan antara pelaku usaha besar dengan UMKM. 


'Kita ingin UMKM kita itu terliterasi dengan pengetahuan bahwa kemitraan yang sehat Itu adalah kemitraan yang didasari oleh prinsip-prinsip kesetaraan di dalam berbisnis sehingga jangan sampai UMKM ini nanti dimiliki dikuasai atau dikendalikan oleh pelaku usaha semacam kartel, " ucapnya. 



Diharapkan UMKM bekerjasama dengan pelaku usaha besar maupun menengah,  saling mengedukasi antar pelaku usaha dengan pengetahuan tentang etika berbisnis yang baik. 


"Jadi kita mendorong pelaku-pelaku usaha agar supaya mereka selalu kreatif inovatif,  Mandiri, percaya diri di dalam memasarkan barang maupun jasanya, jangan sampai di pasar itu terjadi semacam pembatasan masuk pasar ataupun juga perlakuan diskriminasi baik terhadap pelaku usaha pesaingnya ataupun juga kepada konsumen, " tuturnya 


Sementara bagi UMKM yang masuk di platform online diharapkan mampu membekali dengan inovasi dan kreativitas," Agar supaya produk mereka itu dipilih oleh konsumen mereka harus punya nilai lebih secara  kualitas dan pelayanan, " pungkasnya. 


Anggota komisi VI DPR RI FPKB Ir. Nasim Khan dalam sambutannya mengatakan sesuai tugasnya dalam pengawasan akan terus berjuang untuk kepentingan masyarakat situbondo. 


“Kita berada di era digital, dimana semua hal memungkinkan kita kendalikan jarak jauh. Teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam perkembangan ekonomi digital, kegiatan ini sebagai semangat baru kita, sinergi dalam mengupayakan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Situbondo,” kata Nasim. 


Politisi PKB itupun mengatakan kedepannya akan berkolaborasi bersama DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten untuk peningkatam kesejahteraan masyarakat Situbondo. 


"Partai PKB berkomitmen akan membangun kolaborasi dari pusat hingga daerah agar apa yang menjadi keinginan masyarakat bisa terwujud, " tandasnya. 






 

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPPU Gandeng DPR RI Gelar Sosialisasi Penguatan UMKM Situbondo

Trending Now