Orasi Kampanye Tiga Srikandi Partai Nasdem "Guncang" Tapa-Bulango, Suriyati Dengo Diprediksi Melenggang ke DPRD Bone Bolango

Senin, 08 Januari 2024 | 06:52 WIB Last Updated 2024-01-07T23:59:46Z

 

Winarni Monoarfa, Suriyati Dengo dan Merlan Uloli (foto: Noka)


BONE BOLANGO, JBN Indonesia - Sejak terbentuk pada tahun 2003, Kabupaten Bone Bolango telah mengalami empat kali Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) untuk DPRD Kabupaten yakni Pileg 2004, 2009, 2014 dan 2019.


Namun, sebuah fenomena yang cukup menarik yang bisa kita lihat pada setiap Pileg di Kabupaten Bone Bolango sejak Pileg 2004 hingga 2019, dimana dari 25 kursi anggota legislatif (aleg) yang ada di DPRD Kabupaten Bone Bolango, jumlah kursi yang berhasil ditempati oleh aleg perempuan tidak lebih dari dua. Dan aleg perempuan yang berhasil menempati kursi tersebut lebih banyak berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bone Pesisir (Bonpes) yang merupakan gabungan dari 5 Kecamatan yaitu Kabila Bone, Bonepantai, Bulawa, Bone Raya dan Bone. 


Pada Pileg 2004, hanya dua perempuan yang terpilih menjadi aleg DPRD Bone Bolango saat itu yakni Erna Patuti yang dicalonkan oleh Partai Bulan Bintang (PBB) berasal Dapil Tapa dan Lusiana Mooduto yang dicalonkan oleh Partai Golkar berasal dari Dapil Bone Pesisir .


Demikian pula pada Pileg berikutnya (2009), hanya satu orang caleg perempuan yang berhasil menempati kursi di DPRD Bone Bolango yaitu Yanti Abdullah yang dicalonkan oleh Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) juga berasal dari Dapil Bone Pesisir.


Selanjutnya di Pileg 2014, caleg perempuan yang berhasil menempati kursi di DPRD Bone Bolango masih tetap dari Dapil Bone Pesisir yakni Heny Ambat yang dicalonkan oleh Partai Persatuan Pembangunan.


Peluang caleg perempuan dari Dapil Bone Pesisir untuk menempati kursi di DPRD Bone Bolango rupanya masih berlanjut hingga Pileg 2019. Buktinya pada Pileg 2019 kembali hanya satu caleg perempuan yang duduk di DPRD Bone Bolango yakni Lily Mooduto yang dicalonkan oleh Partai Golkar.


Namun, pada Pileg 2024 ini, jumlah aleg perempuan di DPRD Kabupaten Bone Bolango hasil Pemilu 2024 sepertinya bakal bertambah. Salah satu caleg perempuan Dapil Tapa-Bulango Suriyati Dengo diprediksi bakal melenggang ke DPRD Bone Bolango.


Hal ini terungkap pada Kampanye Bersama Partai Nasdem di Dapil Tapa Bulango yang digelar di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan, Minggu (7/1/2024).


Orasi kampanye tiga srikandi Partai Nasdem masing-masing Winarni Monoarfa, Merlan Uloli dan Suriyati Dengo ternyata mampu meyakinkan ratusan kaum perempuan yang hadir pada kampanye tersebut untuk mendukung dan memilih caleg perempuan dari Partai Nasdem.


"Selama ini aleg perempuan di DPRD Bone Bolango hanya 1 dan itu dari dapil lain. Kali ini perempuan di Tapa-Bulango harus bersatu untuk mengantarkan kader perempuan ke DPRD Bone Bolango," kata Suriyati Dengo yang merupakan Caleg Partai Nasdem Dapil Tapa Bulango.


Apa yang dikatakan Suriyati Dengo ini mendapat dukungan penuh dari Merlan Uloli yang merupakan perempuan pertama yang menjadi Bupati Bone Bolango.


"Sesama perempuan kita harus saling mendukung. Karena yang memahami persoalan perempuan adalah perempuan. Saya harap semua perempuan di Tapa-Bulango memilih caleg perempuan dari Partai Nasdem," pintanya.


Senada dengan Merlan Uloli, Caleg DPR RI Nomor Urut 3 Prof.Dr. Winarni Monoarfa mengatakan bahwa perempuan juga memiliki kepedulian yang sangat besar untuk membangun daerah dan negara ini. Olehnya Ia berharap, seluruh perempuan yang ada di Gorontalo khususnya yang ada di Dapil Tapa Bulango harus memilih caleg perempuan Partai Nasdem yang memiliki kemampuan dan kepedulian pada kepentingan rakyat.


"Pilih orang yang mampu dan peduli pada kepentingan rakyat," ucap perempuan yang akrab di sapa Prof Win ini. 

(Noka/JBN)


Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Orasi Kampanye Tiga Srikandi Partai Nasdem "Guncang" Tapa-Bulango, Suriyati Dengo Diprediksi Melenggang ke DPRD Bone Bolango

Trending Now