Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Harga Daging Ayam Potong di Sinjai Melonjak

Kamis, 04 April 2024 | 11:46 WIB Last Updated 2024-04-04T07:37:20Z

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin. (Dok. JBNIndonesia.co.id)

JBNIndonesia.co.id, Sinjai - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, kebutuhan pokok masyarakat semakin hari kian melonjak. Seperti harga ayam potong dan daging, dimana bahan pokok tersebut banyak diburu ketika menjelang datangnya hari lebaran untuk menjadi santapan bersama keluarga. 


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin saat ditemui, Rabu (03/04) kemarin, menyampaikan stok kebutuhan ayam maupun daging di Sinjai mencukupi hingga datangnya hari lebaran.


"Kalau stok daging sapi, kita di Sinjai cukup," ujarnya.


Bahkan menurutnya, untuk daging, Sinjai menyuplai kebutuhan daging ke luar daerah, seperti Makassar hingga beberapa wilayah di Pulau Kalimantan. 


"Daging diirim keluar untuk memenuhi kebutuhan daging di beberapa daerah. Termasuk juga ayam potong/broiler, stoknya mencukupi," tuturnya. 


Menurut Kadis Peternakan, dari segi harga, ayam potong sedikit mengalami kenaikan. Sebagaimaa harga ayam potong saat ini sudah hampir menyentuh angka Rp40.000 per Kilogram. 


"Sementara untuk ayam, karena kebetulan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita itu ayam potong. Harganya memang mengalami sedikit kenaikan, tapi masih bernilai ekonomis," tambahnya. 


Namun, ia menilai harga tersebut masih ekonomis, apalagi mengingat harga pakan juga mengalami kenaikan.


Mengingat tingginya tingkat konsumsi ayam maupun daging di masyarakat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai mewajibkan para pedagang untuk melakukan pemotongan daging di Rumah Potong Hewan (RPH) yang saat ini sudah beroperasi di dua kecamatan, yakni Sinjai Utara dan Sinjai Selatan. 


Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pemerintah melakukan pengawasan terhadap keamanan daging yang akan dikonsumsi masyarakat. 


"Kalau untuk keamanan pangan, khusus daging sapi kita wajibkan untuk pemotongan itu dilakukan di Rumah Potong Hewan sehingga setiap hari kita bisa melakukan pengawasan dan pengujian sebelum dan sesudah pemotongan," pungkasnya. (AIM/ADV)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Harga Daging Ayam Potong di Sinjai Melonjak

Trending Now