Satgas COVID-19 Situbondo Siap Antisipasi Kerumunan Massa Sebagai Kewaspadaan Menghadapi Libur Panjang

Jumat, 18 Desember 2020 | 13:44 WIB Last Updated 2022-02-07T06:41:59Z


 

Aksioma.co.id, Situbondo - Menghadapi libur panjang Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo menggelar rapat secara virtual yang di ikuti Satgas COVID-19 Kecamatan se Kabupaten Situbondo, Jumat (18/12/2020).


Rapat koordinasi mengantisipasi kerumunan pada libur panjang tersebut, dihadiri Plt Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi, selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina SIP, selaku Wakil Ketua 1 Satgas COVID-19, Kapolres Situbondo AKBP. Achmad Imam Rifai, SH, SIK sebagai Wakil Ketua II Satgas COVID-19 dan Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Drs. H. Syaifullah MM, Ketua MUI Situbondo dan tamu undangan lainnya.


“Klaster komunitas dan keluarga merupakan klaster tertinggi COVID-19 di Kabupaten Situbondo. Untuk menekan angka tersebut, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo akan kembali mengaktifkan portal-portal penjagaan di wilayah perbatasan. Selain itu, Satgas Penanganan COVID-19 akan terus melakukan rapid test kepada masyarakat. Saat ini, sudah ada 24 ribu masyarakat yang sudah melakukan rapid test,” jelas Yoyok Mulyadi Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondol.


Lebih lanjut, Yoyok Mulyadi mengatakan, saat ini wilayah kecamatan yang tertinggi COVID-19, yakni wilayah Kecamatan Situbondo dengan angka 268 orang yang terkonfirmasi virus corona, Kecamatan Panji sebanyak 239 orang, Kecamatan Panarukan sebanyak 212 orang dan Besuki sebanyak 191 orang yang terpapar positif COVID-19.


“Kewaspadaan dalam menghadapi libur panjang perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021, maka Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo akan mengantisipasi kerumunan massa dan mengambil tindakan tegas bagi masyarakat yang melanggar Perbup N0. 45 tahun 2020. Sebab, perayaan tahun baru jika tidak diawasi dikhawatirkan akan muncul klaster baru COVID-19,” jelas Plt Bupati Situbondo.


Selain itu, sambung Yoyok Mulyadi, Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo akan mengeluarkan surat edaran tentang pencegahan penularan COVID-19 yang masih dirumusan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo.


“Harapan kami, jangan sampai ada klaster baru pada perayaan Natal 2020 dan tahun Baru 2021. Upaya kami dalam hal tersebut akan menurunkan tim di tempat-tempat keramaian dan membagi-bagikan masker serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan,” pungkas Yoyok Mulyadi.


Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP. Achmad Imam Rifai, SH, SIK mengatakan, rapat koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo dalam menghadapi perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021 yang dilaksanakan secara virtual ini mengajak tokoh-tokoh agama, masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk bersama-sama melawan COVID-19 yang trendnya semakin meningkat.


“Simpul-simpul masyarakat kita ajak untuk ‘perang’ melawan COVID-19 dan mengingatkan kembali tentang disiplin protokol kesehatan COVID-19 yang tertuang dalam Perbup N0. 45 Tahun 2020. Harapan kami masyarakat mau bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kerena kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, merupakan salah satu kunci keberhasilan melawan virus corona,” kata AKBP. Imam Rifai.


Terkhusus , sambung Kapolres Situbondo, pada Operasi Lilin Semeru 2020, Polres Situbondo menyediakan Pospam pelayanan kepada masyarakat.


“Terkait dengan pencegahan penularan COVID-19, di Pospam-Pospam yang didirikan Polres Situbondo menyediakan masker dan imbauan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan itu,” ujar AKBP Imam Rifai. (eMYe)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas COVID-19 Situbondo Siap Antisipasi Kerumunan Massa Sebagai Kewaspadaan Menghadapi Libur Panjang

Trending Now