Sambut HUT RI Ke 77, FWK Gelar Pemaparan, Peran Pers di SMKS Nurul Huda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 19:04 WIB Last Updated 2022-08-13T12:05:25Z


PRINGSEWU,JBNINDONESIA.COM
- Forum Wartawan Kompeten Wilayah Lampung kabupaten Pringsewu turut ambil bagian dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke 77, (HUT.Ri), tahun 2022 di Kabupaten, Pringsewu. Dalam kesempatan tersebut, FWK menggelar  Pelatihan Jurnalis dan memaparkan Peran Pers di Indonesia

bersama dewan guru dan siswa-siswi SMKS Nurul Huda di Aula SMKS Nurul Huda,"Sabtu (13/08/2022).


Mailan Bastari.S.pd, Guru pembina mewakili Dr Agus Irawan,S.pd,M.Si 

kepala sekolah SMK Nurul Huda, mengucapkan ucapan terima kasih, atas kehadiran serta terlaksananya kegiatan ini atas kesediaan Forum Wartawan Kompeten Untuk mengisi mata pelajaran di bidang mata pelajaran kewarganegaraan,"ungkap Mailan.



Lanjutnya semoga pertemuan di sekolah SMKS Nurul Huda bersama Siswa Siswi bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi Siswa/i yang mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir serta menambah wawasan betapa pentingnya Peran Pers di Indonesia,"tuturnya


Disampaikan juga ucapakan terimakasih kepada Jumadi MR, Ketua Forum Wartawan Kompeten dan pendiri FWK, Hasbulloh zs Yang sudah meluangkan waktu mengisi materi pembelajaran di sekolah SMKS Nurul Huda Pringsewu,"ucap Mailan.


Ketua Forum Wartawan Kompeten, Jumadi MR, mengatakan, keberadaan insan pers kemerdekaan pers merupakan bagian dari cita-cita perjuangan bangsa. Meski zaman terus berubah mengikuti dinamika masyarakat, pers tetap harus menjalankan kewajibannya dalam mengawal setiap kebijakan yang diambil pemerintah. Semuanya itu, demi kepentingan masyarakat.


"Media massa memiliki tanggung jawab sekaligus mendorong negara dan masyarakat dalam merawat demokrasi dan menuju kesejahteraan. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam cita-cita kemerdekaan dan Proklamasi 1945," ungkap Jumadi.


Sementara Hasbulloh Zs Sebagai pemateri memaparkan, Pers memilki peran yang sangat penting di dalam sebuah negara. 


Di negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi tolak ukur kebebasan bersuara demi majunya negara.


Dengan penuh semangat Hasbulloh memaparkan poin per poin kepada Siswa/i yang mengikuti pemaparan peran pers di Indonesia. 


Dikatakan Pers dalam menyebarkan informasi Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Pers berperan penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. 


Baik buruknya informasi yang diterima masyarakat itu semua tergantung dari pers. Di sinilah pers harus betul-betul menerapkan kode etik jurnalistik.


"Contoh, dalam menulis berita, wartawan harus objektif dan jujur serta mengacu pada fakta yang ada. Pers tidak boleh terpengaruh oleh kepentingan tertentu,"ungkapnya.


Pers merupakan, sosial kontrol 

dalam kehidupan demokrasi, pers memiliki peran besar sebagai alat kontrol sosial, baik untuk pemerintah atau masyarakat.


"Pers bebas mengkritik berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah maupun lembaga legislatif dan yudikatif. Pers berperan mengawasi jika ada pelanggaran dan memberikan koreksi atas kesalahan itu,"terangnya.


Dijelaskan, Pers adalah Penyambung lidah masyarakat Pers berperan untuk memastikan bahwa warga negara mendapatkan hak-hak mereka. Peran ini termasuk dalam fungsi pengawalan hak warga negara.


Pers berperan sebagai perantara untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, kritik dan saran kepada pemerintah,"jelasnya.


Pers memiliki peran yang signifikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan tetap menjunjung tinggi kekritisan, pers dapat menyajikan informasi yang bersifat pengetahuan untuk menambah wawasan masyarakat.


Demikian juga penyajian berita yang benar, jujur dan bertanggung jawab juga menjadi bagian dari usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Masyarakat dapat menjadi sejuk ketika informasi yang disajikan merujuk pada kebenaran," pungkasnya. (*/DS)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut HUT RI Ke 77, FWK Gelar Pemaparan, Peran Pers di SMKS Nurul Huda

Trending Now