BPBD Terjunkan Tujuh Personil Bantu Korban Puting Beliung di Gadingrejo

Sabtu, 24 September 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-09-23T23:00:57Z

 

BPBD kabupaten Pringsewu saat melakukan evakuasi pohon tumbang. (Ist)


PRINGSEWU, JBN.Indonesia  – Angin puting beliung menerjang beberapa Rumah Tinggal dan pepohonan di Dusun IV Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, pada Jumat 23 September 2022 siang.


Peristiwa angin puting beliung pada pukul 13.15 WIB tersebut terjadi secara cepat. Hanya sekitar kurang lebih 10 menit namun beberapa atap rumah termasuk Genteng dan Asbes rusak bakan ada yang terbawa angin sampai beberapa meter ke belakang.


Puting beliung terjadi bersamaan hujan di wilayah setempat, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun barang-barang yang ada dalam rumah berantakan berantakan.Bahkan ada Kabel Listrik tegangan tinggi yang terjatuh ke tanah karena tertimpa batang pohon kelapa. 


Proses terjadinya bencana angin puting beliung tersebut juga beredar luas di media sosial dan jejaring group whatsapp yang memperlihatkan pohon yang tumbang menimpa rumah seperti diposting akun info pringsewu


Berdasarkan keterangan Febri salahsatu pemilik rumah di  Rt 13, bahwa peristiwa angin puting beliung berlangsung singkat hanya dalam beberapa menit dan pada saat itu sebagian besar orang dewasa, melaksanakan Jumatan.


“Jadi waktu hujan deras secara tiba-tiba asbes di dapur belakang rumah saya langsung keangkat dan jatuh menimpa peralatan dapur,” kata Febri saat di wawancarai awak media.


“Disaat panik tadi, saya melihat angin kencang merobohkan pohon kelapa dan menimpa kabel Listrik hingga mememercikan api,” ujarnya.


Satu setengah jam kemudian,  BPBD Kabupaten Pringsewu menerjunkan Tim Satgas Penanggulangan Bencana ( PB) dengan 7 personil dan dengan segera bersama warga masyarakat melakukan evakuasi pohon yang roboh dan melintang dijalan desa, sementara personil lainnya melakukan pendataan dampak kerusakan Rumah  sebagai berikut Rumah Bapak Hanadi atap dapur dan kandang rusak sedang, Rumah Bapak Sukatman atap dapur rusak sedang, Rumah Bapak Purnomo atap kandang rusak sedang, Bapak Febri atap rumah rusak ringan, Bapak Muhadi atap rusak ringan, Rumah Mbah Suci

Dinding rumah dari anyaman bambu lepas. Proses evakuasi dan pendataan berakhir pukul 18.30 WIB. 


"Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, dan untuk masalah kabel listrik yang menjuntai ke jalan, kami sudah koordinasi dengan Kantor PLN Pringsewu untuk sesegera mungkin untuk diperbaiki, karena sangat membahayakan bagi masyarakat, " Kata Agus Purnomo Analis Kebencanaan Ahli Muda mewakili Edi Sumber Pamungkas Kalak BPBD Pringsewu. (Rawi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPBD Terjunkan Tujuh Personil Bantu Korban Puting Beliung di Gadingrejo

Trending Now