Beri Layanan Kesehatan Terbaik Bagi Warganya, Hamim Pou Resmikan Penggunaan Aplikasi KlikPasien Di RSUD Toto Kabila

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:57 WIB Last Updated 2022-10-03T16:56:24Z

 

Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat memberi sambutan pada acara Grand Launching Layanan Berobat Online KlikPasien (Foto:Noka/JBN Indonesia)

Bone Bolango, JBN Indonesia - Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango terus meningkatkan sistem layanan kesehatan bagi warganya.


Komitmen Pemda Bone Bolango untuk memberikan layanan kesehatan terbaik bagi warganya tersebut salah satunya telah direalisasikan melalui kerjasama antara Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila dengan PT. Klik Data Indonesia dengan menerapkan sistem layanan berobat online bagi pasien yang hendak berobat melalui aplikasi KlikPasien yang secara resmi telah dicanangkan penggunaannya oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada acara Grand Launching Layanan Berobat Online KlikPasien Menuju Rekam Medis Elektronik yang digelar di halaman RSUD Toto Kabila, Senin (3/10/2022).


Dalam sambutannya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa layanan berbasis online ini merupakan salah satu bentuk nyata visi misi Pemda Bone Bolango dalam bidang kesehatan yakni menyediakan layanan kesehatan yang cepat, mudah dan berkualitas.


"Tentu ini akan sangat memudahkan bagi pasien dan pihak rumah sakit dalam pelayanan pengobatan,"ucap Hamim Pou.


Hamim juga berharap kedepan seluruh fasilitas dan layanan di RSUD Toto Kabila ini semakin meningkat untuk memberikan layanan terbaik bagi rakyat Bone Bolango.


"Tujuan kita adalah membuat masyarakat Bone Bolango bahagia. Salah satunya melalui peningkatan layanan kesehatan ini,"tutup Hamim.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou (kemeja putih) bersama Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli (pertama dari kiri) bersama Direktur RSUD Toto Kabila (kedua dari kiri) dan Dirut PT. Klik Data Indonesia (paling kanan) (Foto:Noka/JBN Indonesia)


Untuk diketahui bahwa KlikPasien adalah produk IT (Informasi dan Teknologi) untuk masyarakat agar mudah dalam bertransaksi dengan rumah sakit, mulai dari pendaftaran berobat hingga cek antrian pasien di poliklinik (baca:dokter), sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak antrian pada poliklinik tersebut, berapa pasien yg sudah dipanggil pelayanan dan berapa yang belum dipanggil, juga untuk cek status resep obat pasien sehingga pasien dapat dengan mudah memantau sampai dimana progress resepnya.

Dirut PT. Klik Data Indonesia Rudi Yanto saat diwawancarai awak media (Foto:Noka/JBN Indonesia)


Direktur Utama PT. Klik Data Indonesia, Rudi Yanto, mengatakan bahwa melalui Aplikasi KlikPasien ini masyarakat juga dapat mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, bisa melakukan pengecekan BPJS apakah kartunya aktif atau tidak aktif, hingga mengecek rujukan pasien.


Selain itu, lanjut Rudi, melalui Aplikasi KlikPasien, masyarakat juga akan dengan mudah mendapatkan informasi riwayat berobat, sehingga masyarakat kapan saja dapat membaca riwayat medis yang selama ini didapatkan di rumah sakit, seperti sudah pernah berobat ke spesialis apa saja, diagnosa apa saja dan terapi apa saja yang selama ini diberikan.


Juga terdapat fitur Telemedicine pada aplikasi KlikPasien, sehingga melalui fitur ini sangat dimungkinkan rumah sakit memberikan pelayanan jarak jauh tanpa harus pasien hadir ke rumah sakit.


"Menariknya lagi, dengan aplikasi KlikPasien, cukup dengan 1 handphone saja, maka sudah dapat digunakan untuk mendaftarkan berobat dalam 1 keluarga,"ungkap Rudi Yanto saat diwawancarai awak media.

Salah satu banner tentang manfaaat Aplikasi KlikPasien yang terpajang di salah satu ruangan di RSUD Toto Kabila (Foto:Noka/JBN Indonesia)


Selain untuk masyarakat, kata Rudi, Aplikasi KlikPasien juga disediakan khusus untuk dokter, dengan nama KlikPasien For Doctor.


"Sehingga dokter dapat dengan mudah memantau semua pasien yang berobat, baik yang sudah terdaftar dan pasien yang sudah hadir di Rumah Sakit, semua bisa dipantau oleh dokter lewat handphone,"urainya.


Lebih lanjut, Rudi memaparkan bahwa dokter juga bisa dengan mudah membaca Resume Medis pasien di handphone dokter, sehingga jika dokter membutuhkan riwayat medis pasien untuk keperluan menegakkan diagnosa dan tindakan, maka dokter cukup membaca riwayat medis pasien di handphonennya masing-masing.


Saat ini, kata Rudi, PT. Klik Data Indonesia dipercaya membantu dan bekerjasama di berbagai Rumah Sakit di Indonesia, dan salah satunya adalah dengan RSUD Toto Kabila di Kabupaten Bone Bolango.


Manajemen RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango saat ini telah bermitra dengan PT. Klik Data Indonesia yang didukung penuh oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, sebagai upaya daerah untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik di Kabupaten Bone Bolango.


Dengan adanya aplikasi KlikPasien ini, semua pelayanan dan pencatatan pelayanan pasien akan dilakukan secara elektronik untuk semua unit layanan yang ada di RSUD Toto Kabila, dengan tujuan mengurangi jumlah pemakaian kertas yang selama ini semua Rumah Sakit di Indonesia mengeluarkan budget (anggaran) ratusan juta hingga milyaran rupiah hanya untuk kertas.


"Dengan kerjasama ini diharapkan pemakaian kertas bisa dikurangi secara signifikan, sehingga ada penghematan anggaran yang besar dan anggaran tersebut bisa digunakan untuk kegiatan lain guna meningkatkan mutu layanan di Rumah Sakit,"pungkas Rudi Yanto. (Noka/JBN)




Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beri Layanan Kesehatan Terbaik Bagi Warganya, Hamim Pou Resmikan Penggunaan Aplikasi KlikPasien Di RSUD Toto Kabila

Trending Now