Kunjungan Ke Inggris, Rudi Paparkan Keistimewaan Kota Batam

Kamis, 06 Oktober 2022 | 18:00 WIB Last Updated 2022-10-06T11:01:40Z

Penyerahan batik marlin sebagai cinderamata dari Kepulauan Riau (Dok.Humas Kota Batam)


BATAM, JBN Indonesia – Wali Kota Batam H.Muhammad Rudi yang juga menjabat sebagai Kepala BP (Badan Pengusahaan) Batam memaparkan istimewanya Kota Batam sebagai tujuan investasi saat berkunjung ke Inggris. Kunjungan pertamanya dilaksanakan pada Selasa, 4 Oktober 2022 di University of Nottingham.


Satya Bhakti Parikesit, Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Perekonomian yang ditunjuk sebagai Juru Bicara Delegasi Indonesia menyampaikan bahwa maksud kunjungan tersebut merupakan rangkaian promosi investasi dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus. BP Batam dijadwalkan akan mengundang beberapa Universitas yang terdapat di Inggris. “BP Batam akan mengundang beberapa Universitas di Inggris termasuk Nottingham University, untuk mendirikan Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus” Ujar Satya.


Sementara Rudi menerangkan bahwa Kota Batam saat ini sedang dikembangkan sebagai hub logistik internasional, industri kedirgantaraan, industri light and valuable, industri digital dan kreatif, international trade and finance center dan integrated health tourism dalam pertemuan yang diselenggarakan di Park Campus - Nottingham University, Inggris pada hari Selasa 04 Oktober 2022.


"Kota Batam merupakan kota industri dan jasa yang lokasinya berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, untuk meningkatkan daya saing Kota Batam, tentunya dibutuhkan SDM yang berkualitas. Untuk itu mereka harus mempunyai akses ke pendidikan internasional yang berkualitas pula" Jelas Rudi.


Untuk mewujudkan hal tersebut, BP Batam akan mengundang Universitas-universitas Internasional yang bertujuan untuk membuka Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Batam, yang pasarnya tidak hanya Batam, namun seluruh Indonesia dan kawasan regional ASEAN.


Associate Director of Global Engagement, University of Nottingham David Ouchterlonie menyambut baik atas kunjungan pemerintah Indonesia. Ia menyampaikan bahwa Keberadaan Universitas Nottingham banyak memberi manfaat ekonomi dan lapangan kerja bagi Inggris. Disebutkannya pula bahwa University of Nottingham adalah penyumbang terbesar ke enam penciptaan lapangan kerja di Kota Nottingham. Menyumbang 838 juta pounsterling terhadap PDB Inggris dimana 700 juta pounsterling diantaranya untuk PDRB Kota Nottingham.


Nottingham University juga menciptakan 18.417 pekerjaan di seluruh Inggris dan 8.000 diantaranya untuk Kota Nottingham. Setiap tahun Nottingham University juga menarik 31.500 pengunjung untuk datang ke Nottingham setiap tahun. Kehadiran mahasiswa Internasional yang kuliah di Nottingham University setiap tahunnya menyumbang 106.3 juta poundsterling per tahun untuk PDRB Inggris,” sebut David. (Ditranslate Oleh Protokoler H.Muhammad Rudi)


Dalam kesempatan berharga itu, Rudi memberikan cinderamata berupa Batik Marlin sekaligus mempromosikan batik dari Kepulauan Riau kepada David Ouchterlonie.


Rudi berharap dengan terlaksananya kunjungan ini dapat memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi di Kota Batam “Semoga kehadiran kami disini akan memberi dampak pada ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan transfer knowledge terhadap pendidikan tinggi di Kota Batam,” Harap Rudi. (Chaii/JBN)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan Ke Inggris, Rudi Paparkan Keistimewaan Kota Batam

Trending Now