Destana Bantu Korban Puting Beliung di Pekon Kresnomulyo

Selasa, 14 November 2023 | 16:52 WIB Last Updated 2023-11-14T09:52:04Z

Suasana proses perbaikan rumah warga pekon Keresnomulyo korban puting beliung. (Ist).

PRINGSEWU, JBN INDONESIA - Pasca terjadinya Hujan disertai Angin Kencang pada Rabu ( 14/11/2023) sekitar Pukul 12.30 WIB mengakibatkan Pohon Tumbang dan menimpa salahsatu kediaman warga masyarakat atas Nama Mbah Painah seorang Lansia yang tinggal seorang diri di Rt 08 Pekon Kresnomulyo.

Beruntung pada saat kejadian Mbah Painah segera bergegas keluar rumah, namun tak bisa dielakan pohon yang tumbang tersebut menimpa salahsatu bagian rumah hingga atapnya hancur.

Segera setelah mendengar khabar tersebut Mugiyanto Kepala Pekon Kresnomulyo mengontak Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Desa Tangguh Bencana ( Destana ) Kresnomulyo untuk segera melakukan Pertolongan serta tindakan lebih lanjut termasuk mengevakuasi pohon yang tumbang. Tak membutuhkan waktu lama, dengan semangat Gotong royong bersama komponen masyarakat lainnya Tim Destana Pekon Kresnomulyo dapat menanggulangi dan memberikan pelayanan terbaik kepada salah satu warga yang tertimpa Musibah.

Perlu diketahui bahwa Desa Tangguh Bencana (Destana) merupakan Desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa merupakan Destana hasil dari Inisiasi BPBD Kabupaten Pringsewu dan telah dilakukan Pelatihan hingga Pengukuhan pada pertengahan Oktober 2023.

" Walaupun dengan peralatan seadanya kami segera melakukan evakuasi pohon tumbang dan memperbaiki atap rumah Mbah Painah, mengingat kemungkinan masih bisa turun hujan" ucap Habib Ketua Destana Kresnomulyo.

Sementara Mugiyanto Kepala Pekon Kresnomulyo menyampaikan bahwa " Alhamdulillah musibah yang terjadi dan menimpa salahsatu warga kami tidak ada Korban jiwa, namun atap rumahnya rusak. Beruntung Pekon kami memiliki Tim dan Relawan Desa Tangguh Bencana yang setiap saat dapat bergerak untuk melakukan kerja kerja Kemanusiaan. (Rawi)

Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Destana Bantu Korban Puting Beliung di Pekon Kresnomulyo

Trending Now