Polresta Probolinggo Gelar Test Urine Untuk Para Sopir Bus dan Masyarakat

Bernaspro
Sabtu, 06 April 2024 | 03:50 WIB Last Updated 2024-04-05T21:18:27Z
Polres Probolinggo Kota Melakukan Tes Urine 
JBNIndonesia.com, PROBOLINGGO JATIM- Polres Probolinggo Kota melalui Bidang Pembinaan Dokter Kesehatan (Biddokkes) dan Satlantas Polres Probolinggo Kota bersama dengan instansi terkait menggelar kegiatan Kepolisian Rutin yang Ditingkatkanı (KRYD dengan melakukan pemeriksaan urine kepada sopir bus angkutan Lebaran. Kegiatan ini berlangsung Jumat (05/04/2024) pagi di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo.

"Tes urine sopir bus angkutan lebaran ini dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan raya yang akan mudik lebaran," kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani melalui Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Muhammad Lutfi.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Polres juga menggandeng pihak dinas perhubungan dan dinas Kesehatan Kota Probolinggo.

"Selain pemeriksaan urine, kegiatan ini juga difokuskan pada pemeriksaan kelengkapan pengemudi para sop bus yang beroperasi di wilayah Sulbar," ujar Wakapolres .

Kegiatan itu juga lanjutnya, sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

"Kegiatan ini menjadi penting untuk dilaksanakan secara rutin. Salah satu aspek yang mendapat sorotan utama adalah kesiapan fisik dan mental pengemudi, yang dapat mempengaruhi keselamatan berkendara," terang Effri Susanto.

Tes urine kata Kompol Lutfi, menjadi salah satu metode penting dalam menilai kesiapan pengemudi

"Tes urine dilakukan untuk memastikan bahwa para pengemudi bus tidak mengkonsumsi zat-zat terlarang yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara. Ada 10 supir yang hari ini kita laksanakan test dan alhamdulillah hasilnya semua negatif," jelasnya.

Selain itu, kelengkapan pengemudi dan kendaraan menurut Wakapolres, juga menjadi fokus utama dalam kegiatan tersebut.

"Pengemudi diharuskan memastikan bahwa kendaraan yang mereka operasikan dilengkapi dengan perlengkapan standar. Dalam pengaturan lalu lintas yang padat, terutama selama arus mudik lebaran, ketegasan dan kesigapan dalam menangani situasi darurat menjadi kunci," terang Kompol Lutfi,

Sementara, Kasat Lantas Polres Probbolinggo Kota AKP Tommy Hermanto menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memastikan bahwa semua pengemudi bus siap menghadapi tantangan di jalan raya dan mampu memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi penumpangnya

"Kami berkomitmen menjaga keamanan dan keselamatan semua pengguna jalan raya, terutama saat momen penting seperti arus mudik lebaran," ujar Kasat.

Kegiatan KRYD tambahnya, merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut

"Para sopir bus yang melalui pemeriksaan urine dan kelengkapan kendaraan menyambut kegiatan ini dengan positif. Mereka menyadari pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang mereka," jelasnya.

Dalam kegiatan itu, personel Polres juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya keselamatan berkendara dan pemahaman terhadap peraturan lalu lintas.

Hal itu kata AKP Tommy, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan-aturan yang berlaku di jalan raya.

la juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat tercipta lingkungan berkendara yang lebih aman dan tertib, tidak hanya selama arus mudik lebaran, tetapi juga sepanjang tahun.

"Keselamatan adalah tanggung jawab bersama dan semua pihak perlu berperan aktif dalam menjaga keamanan di jalan raya," kata Kasat.

(Yuliono)
Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polresta Probolinggo Gelar Test Urine Untuk Para Sopir Bus dan Masyarakat

Trending Now