Palestina Makin Darurat, AVI Kepri Terus Lakukan Aksi Galang Donasi

Senin, 06 November 2023 | 16:58 WIB Last Updated 2023-11-06T09:58:50Z

Para Sukarelawaan AVI Kepri saat lakukan Aksi Galang Donasi di Lampu Merah Kepri Mall Batam (foto:AVI Kepri)

Batam, JBN Indonesia - Ditengah panas terik mentari yang menyelimuti Kota Batam tak memudarkan semangat para sukarelawan Alquds Volunteer Indonesia (AVI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk turun ke jalan dalam rangka Aksi Galang Donasi untuk Palestina bersama Komunitas Pasukan Khusus (Kopasus) Palestina Se-Kota Batam yang telah dilaksanakan pada 04 – 05 November 2023 lalu dengan mengangkat tema “Tidak Perlu Menjadi Muslim Untuk Bela Palestina, Cukup Jadi Manusia Untuk Kemanusiaan”.

AVI merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang berbasis kerelawanan dalam sosial politik kemanusiaan untuk mewujudkan pembangunan negeri dan pembebasan negeri Palestina  yang sampai saaat ini masih tertindas.

AVI Kepri telah berdiri sejak tahun 2019 dan terus menjalankan berbagai program kemanusiaan, tidak hanya untuk Palestina, AVI Kepri juga melakukan kegiatan untuk bantuan dalam skala Nasional dan Internasional, diantaranya membantu masyarakat  yang terkena bencana, membuat program yatim piatu dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan sosial yang telah AVI Kepri lakukan.

Ketua AVI Kepri, Anwar mengatakan Aksi Galang Donasi untuk Palestina telah dilaksanakan sejak bulan Oktober lalu hingga ahad, 05 November 2023 lalu. Dimana aksi tersebut dilakukan melalui online dan jemput donasi dibeberapa lampu merah yang ada di Kota Batam.

“Aksi galang donasi ini sudah kami mulai sejak bulan oktober lalu dan terus kami laksanakan sesuai dengan SDM yang ada. Donasi ini kami buat melalui dua cara yakni online dan offline, untuk online para donator dapat langsung mengirimkan donasi sukarelanya ke rekening bank yang telah kami sediakan dan untuk offline para volunteer AVI bersama Kopasus Palestina se-Kota Batam turun langsung ke beberapa titik lampu merah diantaranya lampu merah Kepri Mall, Simpang Baloi, lampu merah Gelael, Simpang Genta, dan Simpang Panbil,’ ujarnya.

Kepada Bernas Network Anwar juga menyampaikan jumlah donasi yang telah terkumpul selama Aksi Galang Donasi dilakukan baik online maupun offline. “Alhamdulillah, dari awal dimulai hingga saat ini sudah total donasi yang telah terkumpul melalui rekening bank sebesar Rp.68.310.000 sementara yang dikumpulkan dari aksi turun ke jalan sebesar Rp.143.714.200. sehingga total donasi menjadi Rp.212.024.200,” pungkasnya.

Bantuan dari para donatur dan mitra AVI yang telah tiba di Gaza (foto:AVI)

Sebelum menutup pembicaraan, Anwar juga menyampaikan bahwa mitra AVI bersama para donatur dari Indonesia telah mengirimkan bantuan berupa paket makanan siap santap dan paket sembako kepada korban agresi Gaza yang saat ini tinggal ditempat pengungsian di wilayah Jabaliya dan Raffah jalur Gaza Utara dan Selatan pada 23 hingga 25 Oktober lalu.

“Selama tiga hari pada bulan Oktober lalu, mitra AVI bersama beberapa para donatur dari Indonesia juga telah mendistribusikan bantuan berupa makanan siap santap kepada 1.250 orang korban agresi Gaza yang saat ini berada di jalur Gaza Utara dan Selatan. Selain itu kami juga mengirim paket sembako di daerah Jabaliya kepada 166 Kepala Keluarga. Satu keluarga di Gaza terdiri dari minimal 5 – 10 anggota keluarga, paket sembako ini berisi bahan makanan untuk sekeluarga yang cukup untuk dikonsumsi selama 2 – 4 hari,” jelasnya.

Selain makanan siap santap para donatur serta mitra AVI juga menyalurkan air bersih kepada warga Gaza di beberapa titik pengungsian yaitu pengungsian Halimah sa’diyah, pengungsian Sa’ad bin Abi Waqqosh, pengungsian ‘Amwash (Gaza Utara). Sekitar 10.000 penerima manfaat telah terpenuhi kebutuhan air mereka.

“Sejuknya Air ini semoga menguatkan perjuangan warga Gaza”

 

Mitra AVI yang bertugas di Palestina menyampaikan bahwa proses penyaluran air bersih kepada warga Gaza termasuk hal sulit untuk dilakukan, karena Israel akan menjatuhkan BOM ketika mendapati warga yang sedang berkumpul/ mengantri untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Menutup perbincangan, Anwar sempat mengajak masyarakat untuk memberikan donasi sukarelanya kepada Palestina yang saat ini sangat membutuhkan bantuan. “Sesuai dengan tema yang kami angkat saat ini, demi kemanusiaan marilah kita bantu saudara-saudara kita di Palestina yang sangat membutuhkan bantuan dari kita semua. Jika berkenan untuk berdonasi boleh langsung hubungi hotline dan nomor rekening pada flyer yang telah kami sebarkan,” tutupnya. (Ay/JBN)

Flyer Aksi Galang Donasi AVI Kepri (foto:AVI)


Dapatkan Berita Terupdate dari JBN Indonesia
Hak Jawab dan Hak Koreksi melalui email: jbnredaksi@gmail.com
- Pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan ini dapat mengajukan sanggahan/hak jawab.
- Masyarakat pembaca dapat mengajukan koreksi terhadap pemberitaan yang keliru.

Follow Instagram @jbnindonesia dan Fanspage JBN Indonesia
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Palestina Makin Darurat, AVI Kepri Terus Lakukan Aksi Galang Donasi

Trending Now